Internasional

Serangan Udara di Yaman Tewaskan 26 Anak-Anak

Sebuah mobil hancur terkena serangan udara di Durayhimi, Yaman, 23 Agustus 2018. (Foto: AFP/STR)

Sanaa: Sebanyak 26 anak-anak tewas dalam sebuah serangan udara terbaru di Yaman. 

Perserikatan Bangsa-Bangsa menyebut setidaknya empat wanita juga tewas dalam serangan udara tersebut, yang dilancarkan oleh koalisi pimpinan Arab Saudi. 

Serangan terbaru dilancarkan dua pekan menyusul gempuran udara koalisi Arab Saudi ke sebuah bus sekolah yang menewaskan sedikitnya 29 anak-anak.

Kepala Agensi Urusan Kemanusiaan PBB, Mark Lowcock, mengatakan bahwa serangan udara pada Kamis itu menewaskan 22 anak dan empat wanita yang berupaya melarikan diri dari pertempuran di distrik Durayhimi, Hudaydah. 

Ia menambahkan serangan kedua di daerah yang sama pada hari itu juga menewaskan empat anak lainnya.

"Saya menyerukan kembali pernyataan Sekretaris Jenderal mengenai Yaman, mengutuk serangan semacam itu terhadap warga sipil dan mendorong adanya penyelidikan yang netral, independen, dan cepat," kata Lowcock.

"Saya juga sangat prihatin dengan dekatnya serangan ke sejumlah situs kemanusiaan, termasuk fasilitas kesehatan dan infrastruktur air serta sanitasi," seru dia, seperti dikutip dari Guardian, Sabtu 25 Agustus 2018.

Krisis Kemanusiaan Terbesar

Dua pekan sebelumnya, serangan udara koalisi pimpinan Arab Saudi ke Yaman menewaskan puluhan orang. Korban termasuk anak-anak yang sedang bepergian dengan bus melintasi pasar di provinsi Sa'ada.

Komite Palang Merah Internasional mengatakan, setidaknya 29 anak-anak berusia lebih muda dari 15 tahun tewas dalam serangan itu. Sementara 48 orang lainnya dari segala usia terluka, termasuk 30 anak-anak.

PBB menempatkan Yaman sebagai target operasi kemanusiaan terbesar di dunia. Tiga dari empat warga Yaman membutuhkan bantuan. 

Pada 2018, PBB dan beberapa mitranya telah menjangkau lebih dari 8 juta warga Yaman lewat bantuan langsung.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close