Sering Dapat Ancaman, Profesor IPB Ini Raih Penghargaan International

  • Whatsapp
Bambang Hero Saharjo (empat dari kiri) menerima Penghargaan John Maddox 2019 atas konsistensinya dalam menggunakan bukti ilmiah untuk membawa pelaku kebakaran hutan ilegal ke pengadilan

INDOPOLITIKA.COM – Guru Besar IPB Profesor Bambang Hero Saharjo meraih penghargaan bergengsi John Maddox atas aksinya melawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Ia terpilih dari 206 kandidat dari 38 negara untuk menerima penghargaan yang diberikan para ilmuwan yang teguh menggunakan sains meski mendapatkan tekanan, pada hari Selasa lalu, di London, Inggris.

Muat Lebih

Dilansir dari The Guardian, Kamis (14/11/2019), Saharjo memenangkan hadiah bergengsi John Maddox 2019 karena membela ilmu pengetahuan dalam menghadapi pelecehan, intimidasi, dan tuntutan hukum.

Saharjo mengumpulkan bukti untuk persidangan pidana terhadap perusahaan yang dituduh menggunakan metode “tebang dan bakar” untuk membersihkan lahan gambut. Perusahaan yang dituntutnya menanam minyak kelapa sawit, kayu pulp dan pohon karet.

Sebagai saksi ahli, Saharjo sempat menerima ancaman pembunuhan. Ia pernah menerima panggilan telepon misterius yang mengancam keselamatan istri dan keluarganya jika Bambang melanjutkan persidangan.

Sejumlah orang-orang tidak dikenal sempat datang ke universitas mencarinya, membuat stafnya panik.

“Rekan-rekan saya memberi tahu saya bahwa saya ‘paling dicari’ oleh perusahaan penyebab kebakaran dan bahwa mereka dapat melakukan apa pun yang mereka inginkan untuk saya, keluarga saya dan karier saya,” kata Saharjo kepada Guardian.

“Tentu saja saya memikirkan hal itu, tetapi sebagai seorang ilmuwan saya harus mengatakan yang sebenarnya. Jika saya berhenti maka saya akan sama dengan mereka. Saya harus menjadi bagian dari solusi, bukan bagian dari masalah,” imbuhnya.

Saharjo menggunakan metode ilmiah untuk melacak di mana dan kapan kebakaran dimulai, jalur apa yang mereka ambil dan berapa banyak asap dan gas rumah kaca yang dilepaskan. Ia juga menghadirkan informasi terpercaya di setiap pengadilan.

Menurut Unicef, kebakaran tahunan melumpuhkan sebagian besar wilayah Indonesia, Singapura dan Malaysia dalam kabut asap yang menyebabkan masalah pernapasan akut.

Kabut asap karhutla membahayakan kesehatan 10 juta anak-anak dan memaksa sekolah serta bandara ditutup. Karhutla juga merugikan sektor ekonomi Indonesia.

Penghargaan John Maddox merupakan penghargaan internasional untuk individu yang berkarya dalam ilmu pengetahuan yang memajukan diskusi publik seputar topik-topik sulit.

Peraih penghargaan ini memang sering terseret dengan ancaman atau permusuhan dari pihak lain. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *