Setara Institut: Jokowi Seret TNI Dalam Pusaran Politik Praktis

Setara Institute Pemerintahan Jokowi TNI DIikutsertakan Dalam Politik Praktis

INDOPOLITIKA.COM – Direktur eksekutif Setara Institut Ismail Hasani menyatakan, presiden Joko Widodo berupaya menyeret TNI dalam kegiatan politik praktis. Hal itu terlihat dari beragam keputusan negara yang menyeret TNI kedalam pusaran politik praktis. Misalnya pengisian jabatan sipil dalam pemerintahan.

Teranyar, TNI juga diminta untuk ikut aktif mengampanyekan keberhasilan Jokowi di periode pertama. Hal itu bertujuan untuk mengdongkrak dukungan publik pada saat Pilpres kali lalu. Karena itu, keterlibatan TNI itu menjadi langkah mundur dari upaya reformasi TNI.

BACA JUGA:

“Kenapa TNI diminta ikut sosialisasikan kesuksesan pak Jokowi. Emang TNI tim sukses pak Jokowi?. Kan bukan. Tapi itu dilakukan,” katanya saat rilis bertajuk Jalan Sunyi Reformasi TNI di kantor Setara Institut (8/10).

Celakanya, kata dia, TNI bahkan senang diseret-seret kedalam pusaran politik praktis itu. Apalagi permintaan itu disampaikan saat akan masuk masa kampanye pemilihan presiden yang pada akhirnya dimenangkan Jokowi. Peristiwa itu tentu menghambat proses reformasi birokrasi yang diamanatkan Reformasi 1998.

“Tapi ya TNI senang melakukan itu. Dugaan saya ya karena yang satunya (Jokowi) kurang paham yang satunya (TNI) senang,” ujarnya.

Hal lain yang menghambat tuntasnya agenda reformasi birokrasi itu yakni pelibatan anggota TNI aktif dalam jabatan sipil. Misalnya, dalam upaya pemberantasan tindak pidana terorisme. Menurut dia, terorisme merupakan tindakan pidana. Karena itu, sejatinya ditangani polisi.

Untuk diketahui, saat perayaan HUT TNI 5 Oktober lalu, Presiden Jokowi mengatakan akan menambah lebih dari 450 pos baru untuk perwira TNI. Publik tentu berharap agar 450 jabatan itu tetap berada dalam rumpun TNI. Tetapi, jika melebar ke jabatan-jabatan sipil, tentu semakin menyeret TNI lebih dalam lagi dalam pusaran politik. (pit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *