Internasional

Setelah 60 Tahun Hilang, Patung Budha Kuno Dikembalikan ke India

Patung Budha dari abad ke-12 dikembalikan ke India dari Inggris (Foto: PA).

London: Patung Buddha abad ke-12 yang dicuri dari India hampir 60 tahun lalu akan dikembalikan. Patung tersebut ditemukan di pameran perdagangan di Inggris.
 
Patung perunggu itu merupakan salah satu dari 14 patung yang dicuri pada 1961 dari Museum Arkeologi di Nalanda, India bagian timur.
 
Diyakini artefak kuno berpindah tangan beberapa kali selama bertahun-tahun. Sebelum akhirnya dikirim ke dealer barang antik London untuk dijual.
 
Patung itu diidentifikasi pada pameran perdagangan pada Maret tahun ini oleh anggota Asosiasi Penelitian Kejahatan terhadap Seni (ARCA), sebuah organisasi yang bekerja untuk melestarikan warisan budaya, dan Proyek Kebanggaan India, yang bertujuan untuk menemukan artefak yang dicuri.
 
Polisi mengatakan sang pemilik dan penyalur saat ini tidak mengetahui sejarah ikon itu, dan setuju untuk mengembalikan ke India.
 
Detektif Constable Sophie Hayes, dari Unit Seni dan Barang Antik Kepolisian Metropolitan London, mengatakan: "Kami senang dapat memfasilitasi pengembalian bagian penting warisan budaya ini ke India."
 
"Kasus ini telah menjadi contoh nyata kerjasama antara penegak hukum, perdagangan, dan para cendekiawan. Penghargaan khusus harus ditujukan kepada para informan yang bermata tajam yang membuat kami sadar bahwa bagian yang hilang itu telah ditemukan setelah bertahun-tahun," cetusnya, seperti dinukil dari Mirror, Kamis, 16 Agustus 2018.
 
Menteri Seni, Warisan, dan Pariwisata Inggris, Michael Ellis mengatakan bahwa Inggris adalah salah satu dari negara pertama yang menemukan salah satu dari 14 patung Buddha yang antik.
 
Patung itu diserahkan kepada komisaris tinggi India YK Sinha dalam upacara pada Rabu, yang bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan India.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close