Setelah Menteri dan Wamen, Jokowi Bakal Bagi-bagi Kursi Direksi dan Komisaris BUMN

  • Whatsapp
peneliti dari Saiful Mujani Reserch and Consulting Jayadi Hanan

INDOPOLITIKA.COM- Bagi-bagi kue kekuasaan dalam pemerintahan Jokowi -Amien diyakini belum berakhir. Setelah Menteri dan Wamen, episode berikutnya diyakini akan berlanjut dengan pembagian posisi staf ahli, direksi dan komisaris BUMN.

Pengamat politik dari Saiful Mujani Reserch and Consulting Jayadi Hanan mengatakan, politik akomodasi ala Jokowi belum akan berakhir. Pembagian kue kekuasaan kepada orang-orang yang dianggap berjasa kepada Jokowi pada masa Pilpres akan berlanjut.

Baca Juga:

“Saya khawatir belum selesai (pembagian posisi-posisi kunci). Karena kan masih banyak jabatan-jabatan lain diluar kabinet. Kalau politik akomodasi berlanjut, Nanti akan banyak akomodasi di staf kepresidenan, nanti akan banyak di BUMN-BUMN. Nanti kita lihat,” katanya kepada Indopolitika.com (25/10)

Menurut dia, dengan mengakomodasi orang-orang yang terlibat dalam pemenangan, Jokowi akan kesulitan mencapai visi Indonesia Maju. Kabinet Jokowi dan lembaga-lembaga usaha pemerintah akan disibukan dengan berkoordinasi satu sama lain.

“Ya akan sulit mencapai agenda-agenda prioritas presiden itu. Karena presiden akan disibukan oleh bagaimana melakukan koordinasi dan melakukan menajemen terhadap struktur pemerintahan yang sangat besar dan gemuk itu,” ujarnya.

Presiden, kata dia, harusnya menjelaskan kepada masyarakat alasan-alasan logis dibalik perekrutan dan pembentukan struktur pemerintahan yang super gemuk itu. Sehingga publik tidak bertanya-tanya ihwal alasan dibalik pengisian posisi-posisi penting tersebut. [pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *