Setuju Datangkan Rektor Asing, Yusril : Itu Memacu Pertumbuhan Perguruan Tinggi

Ketua Umum PBB, Yuzril Ihza Mahendra/net

Jakarta – Ahli Hukum Tata Negara sekaligus politisi Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra, menyetujui wacana pemerintah datangkan rektor asing untuk memimpin PTN. Menurutnya, hal tersebut dapat memacu daya saing PTN di dalam negeri.

“Sepanjang itu sejalan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku tidak masalah apa apa, artinya direkrut rektor dari WNA itu untuk memacu pertumbuhan pendidikan tinggi di Indonesia supaya lebih cepat dan mengejar ketertinggalan,” kata Yusril kepada wartawan di RS Binawaluya, Jakarta Timur, Jumat (2/8/2019).

Yusril mengungkap PTN di dalam negeri harus mulai terbuka untuk tenaga asing. Menurutnya itu untuk meningkatkan daya saing universitas negeri di Indonesia terhadap Universitas negara lain.

“Jadi terbuka saja, kita undang saja profesor asing yang betul betul ahli mengelola manajemen universitas untuk meningkatkan daya saing universitas kita terhadap universitas di negara negara lain,” ungkap Ketum PBB ini.

Namun Yusril menyarankan agar wacana rektor asing ini diterapkan di beberapa PTN baru atau PTN yang sulit berkembang. Ia menyebut ini bisa memacu PTN lain untuk lebih maju.

“Katakanlah Universitas Bangka Belitung, atau Universitas Bengkulu, atau Universitas yang ada di Madura yang baru dinegerikan oleh pemerintah,” ujar Yusril.

“Supaya (wacana) itu diberikan ke universitas-universitas negeri yang pertumbuhannya itu agak sulit untuk berkembang walau didirikan sudah cukup lama, kita liat hasilnya nanti, kalau hasilnya sangat baik, itu akan memicu daya saing juga untuk universitas lain yang ada di dalam negeri untuk meningkatkan kualitasnya, itu kan memicu juga rektor-rektor warga negara kita sendiri bahwa mereka harus berbuat lebih baik, atau bahkan mengalahkan rektor asing begitu,” pungkasnya.


Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.