Siap Nyapres, Ridwan Kamil Tegaskan Ingin Bawa Perubahan Bukan Cari Cuan

INDOPOLITIKA.COM – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyatakan siap maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil menegaskan ingin membawa perubahan lebih baik bagi masyarakat bukan mencari cuan jika kelak dirinya terpilih sebagai presiden.

Pernyataan tersebut disampaikan Kang Emil, dalam kegiatan Halal Bihalal Lebaran 2022 bersama komunitas relawan pendukungnya di Bandung, Senin (16/5/2022).

Bacaan Lainnya

“Niat menjadi pemimpin bukan mencari nafkah, tapi ingin membawa perubahan,” kata Kang Emil.

Kang Emil menyatakan, urusan pribadinya sudah selesai demi mewujudkan tekadnya itu. Menurut dia, seseorang yang hendak masuk ke dunia politik harus selesai dengan urusan pribadi.

“Orang masuk politik, harus sudah selesai dengan urusan (pribadi) dirinya. Kalau belum, nanti ada hal-hal yang menyertai,” ujar Kang Emil.

Gubernur Jabar menyampaikan terima kasih kepada seluruh relawannya yang telah memberikan kepercayaan dan setia mendukungnya. Namun, Kang Emil meminta seluruh relawan pendukung untuk meluruskan niat dalam mendorong dirinya maju sebagai calon presiden (capres) 2024.

“Dukungan yang diberikan harus tulus, sehingga berdasarkan keinginan yang sama untuk membawa perubahan positif terhadap negara,” tutur Gubernur Jabar.

Sebagai pemimpin yang telah mengikuti dua kali pemilihan kepala daerah, Kang Emil mengaku sudah bisa menilai karakteristik relawan pendukungnya.

“Relawan ada tiga golongan. Pertama, yang mendukung dan tidak berharap apa-apa. Berharapnya hanya perubahan peradaban,” ucap Kang Emil.

Kedua, ada pula relawan yang mendukung, namun diakhiri dengan harapan akan sesuatu.

“Wajar, dalam relasi kemanusiaan, siapa yang menolong, harus ditolong. Tapi, harus gimana situasi, mun aya diterima, teu aya ditampi. Wayahna, sesuai situasi,” ujarnya.

Terakhir, ada pula golongan relawan yang dinilainya justru merepotkan. Biasanya, kata dia, relawan golongan terakhir ini memberikan dukungan dengan syarat yang mereka tentukan.

“Ada pengharapan, tapi harus gimana mereka. Sudah difasilitasi, sudah diberi, sudah dikasih kesempatan, tapi tak pernah puas,” tutur Kang Emil.

Karenanya, Kang Emil berharap, para relawan pendukungnya memiliki keikhlasan dalam mengusung dirinya sebagai capres 2024. “Saya berharap golongan yang membersamai saya ini golongan yang ikhlas dan sabar,” ucapnya.

Kang Emil pun meminta relawan memberikan dukungan berdasarkan keinginan sama, yakni membawa perubahan lebih baik bagi seluruh masyarakat. Terlebih, pertemanan dengan relawan itu tak sebatas dalam ajang demokrasi.

“Semua yang hadir di sini, saya luruskan dulu niatnya, Lillahitaala. Ada atau tidak ada kekuasaan, niatkan berteman,” ujar Kang Emil

Kehadiran Ridwan dalam kegiatan itu diwarnai teriakan dan yel-yel “Jabar Juara, Indonesia Juara, Ridwan Kamil Presiden”. Sejumlah perwakilan relawan pun menyampaikan dukungan dan harapannya, agar Ridwan Kamil menjadi presiden 2024.

Salah satu perwakilan relawan, Chaerul Tamam berharap, Ridwan Kamil terpilih sebagai presiden 2024 mendatang. Menurutnya, sudah saatnya orang Sunda menjadi pemimpin nasional.

“Ulah kumeok samemeh dipacok (jangan kalah sebelum bertanding),” kata koordinator pemenangan dan relawan Ridwan Kamil di Cianjur tersebut.

Dia pun memastikan, relawan-relawan yang mendukung Ridwan Kamil saat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018 lalu tetap setia dan solid. “Kami tetap solid mendukung Kang Emil, agar menjadi presiden 2024,” ujarnya.

Hal serupa pun disampaikan M Noorman, yang berharap Ridwan Kamil maju dan terpilih menjadi presiden 2024 nanti.

“Kang Emil terbukti berhasil mewujudkan visi misinya di Jawa Barat. Beliau banyak ide dan inovasi, sehingga akan sangat bermanfaat kalau dibawah ke Indonesia (menjadi presiden),” kata M Noorman.[fed]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.