Siapa Jenderal Pengganti Tito Karnavian Yang Akan Tempati Tribrata I?

Kapolri Jenderal Tito Karnavian

INDOPOLITIKA.COM- Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Inspektur Jenderal (Purn) Bekto Suprapto enggan berspekulasi soal kehadiran Kapolri Tito Karnavian pada saat Jokowi tengah menimbang calon menterinya. Kehadiran Tito disebut-sebut terkait dengan suksesi calon menteri yang menjadi pembantu Jokowi di periode kedua.

Dia mengatakan, sebagai pejabat aktif, kehadiran Kapolri Tito Karnavian di istana negara tentu hal yang wajar. Kapan saja bisa terjadi. Apalagi Kapolri punya kewajiban melaporkan perkembangan keamanan dalam negeri.

Baca Juga:

“Saya tidak tahu Kapolri datang ke istana dalam rangka apa. (Tapi) sebagai Kapolri tentu merupakan hal yang sangat wajar datang ke istana karena menjadi bagian dari tanggung jawabnya dalam hal keamanan dalam negeri,” ujarnya kepada Indopolitika.com Senin (21/10/2019) malam.

Untuk diketahui, beredar kabar bahwa Kapolri Tito Karnavian akan menempati pos baru pasca dipanggil ke istana Senin siang. Menurut kabar yang beredar, ada empat pos kementerian atau lembaga tinggi yang pantas diisi Tito.

Keempatnya adalah; Kepala Badan Nasional Penanggulang Terorisme (BNPT), Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Menteri Dalam Negeri.

Ditanya soal siapa jenderal pengganti yang akan mengisi posisi Tri Brata 1, pasca dilepas Jenderal Tito yang akan mendapat tugas baru kelak? Bekto tak mau berspekulasi. “Lebih baik saya menunggu pengumuman yang pasti,” ujarnya.

Sekadar informasi, kabar terkait kemungkinan Jenderal Tito akan menempati jabatan baru sebelumnya diungkap Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Muhammad Iqbal.  Dia mengatakan Kapolri Jenderal Tito Karnavian kemungkinan akan mendapat jabatan baru dari Presiden Jokowi.

“Kemungkinan ada semacam jabatan baru,” kata Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (21/10).[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *