Siapa Sosok Calon Dewas KPK? Jimly Sebut Empat Nama Ini

  • Whatsapp
Ketua DPD Jimly Asshiddiqie

INDOPOLITIKA.COM- Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie ikut mengomentari proses seleksi calon Dewan Pengawas KPK. Jimly berharap presiden memilih tiga orang mantan pimpinan KPK untuk mengisi kursi Dewas KPK.

“Sebaiknya dua atau tiga orang dari mantan pimpinan KPK. Sisanya dari luar yang punya pengalaman dalam penegakan hukum. Mungkin mantan Kejaksaan kayak pak Basrif,” katanya usai menkadi keynote speaker dalam seminar Nasional di UIN Jakarta Kamis pagi.

Baca Juga:

Dia berharap, lima orang Dewas KPK yang ditunjuk Jokowi itu tidak berlatar belakang politisi. Sehingga tidak terjadi konflik kepentingan dalam KPK. Dewas yang berlatar politisi justru menyulitkan kerja pemberantasan korupsi.

“Jangan politisi. Kalau politisi nanti dikontrol kekuatan politik,” katanya.

Saat menyebutkan nama Ahok dan Antasari Azhar, kening Mantan Ketua MK Jimly Asshiddiqie mengkerut. “Masa iya. Kalau Ahok, Antasari Azhar nggak mungkinlah. Kalau sudah pernah bermasalah dengan hukum, pasti dipertimbangkan lah,” ujarnya.

Dia mengatakan, kalau dirinya diminta menyebutkan nama-nama yang layak mengisi kursi Dewas KPK, dia menyebut tiga nama yang familiar dimata publik.

“Kalau dipaksa menyebut nama, saya usul mantan Jaksa Agung Basrif (Basrief Arif), mantan KPK Pak Ruki (Taufiqurahman Ruki) atau Busyro (Busyro Muqoddas). Mereka akan memperkuat KPK. Bukan melemahkan,” ujarnya. [pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *