Siapa yang Untung Atas Strategi ‘Bakar Uang’ Dompet Digital?

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM Bisnis e-Wallet atau dompek digital nampaknya sedang naik daun di Indonesia, pasalnya berbagai merk dompet digital sangat sering melakukan promosi hingga menawarkan imbal balik (cashback) dalam jumlah yang fantastis.

Dianggap memperlancar proses transaksi antara penjual dan pembeli, kehadiran dompet digital perlu diapresiasi, lebih dari itu, kini keberadaan dompet digital telah merambah ke berbagai sektor, misalnya saja untuk membayar tagihan, membeli pulsa hingga untuk memesan tiket bioskop.

Baca juga:

Sebenarnya antara pihak penyedia dompet digital maupun konsumennya sama-sama diuntungkan, karena tujuan bisnis memang saling menguntungkan.

Bagi pihak operator dompet digital, mereka akan diungungkan dengan mendapatkan banyak data pengguna. Dari mana data itu?

Saat pengguna mendaftarkan dirinya pada aplikasi dompet digital, maka seluruh data akan disimpan dan tentu dapat dilihat oleh operator penyedia dompet digital tersebut.

Hal ini menjadi suatu keuntungan bagi penyedia layanan, karena di zaman sekarang, data merupakan komoditas penting bahkan lebih mahal dibandingkan dengan minyak. Lalu diapakan data tersebut?

Setelah mereka mendapatkan data pribadi para pengguna, hal yang dapat dilakukan adalah memetakan pelanggan sesuai dengan preferensinya, biasanya digunakan untuk kegiatan pemasaran supaya tepat sasaran. Sebagai contoh, apabila kamu memasukkan informasi bahwa kamu memiliki hobi kuliner maka berbagai promo mengenai kuliner pasti dengan mudah kamu temukan.

Lalu apa keuntungan bagi pengguna dompet digital?

Kehadiran dompet digital tentu semakin memudahkan proses transaksi antara pengguna dengan berbagai merchant, selain itu “godaan” akan cashback dapat dengan mudah kita jumpai. Dari berbagai merk dompet digital, hampir semuanya memiliki promo cashback masing-masing.

Tapi, sebagai pengguna harus juga cermat karena cashback yang diberikan memiliki nilai maksimal, sehingga jangan hanya terpaku pada besaran diskon yang diberikan.

Semakin banyaknya merk dompet digital yang bermunculan tentu memberikan manfaat untuk para penggunanya, karena semakin banyak dompet digital, semakin banyak pula opsi bagi pengguna untuk dapat memilih mana yang lebih menguntungkan untuknya.

Karena biasanya satu pemilik smartphone memiliki lebih dari satu akun e-wallet, hal itu tentu karena masing-masing e-wallet memiliki keuntungannya tersendiri.

Setiap bisnis pasti menuntut profit setinggi-tingginya, begitu pula dengan bisnis dompet digital dengan business model yang tentunya berbeda dengan bisnis konvensional lainnya.

Di balik gencarnya promo yang mereka tawarkan, data pelanggan akan mereka simpan untuk keperluan bisnis lainnya sehingga di satu sisi uang yang telah dikeluarkan untuk berbagai promo telah terbayar.

Hal yang sama dialami pelanggan, karena mereka mendapati banyak sekali promo menarik berupa cashback namun harus rela data pribadi bahkan sensitif dimiliki oleh pihak lain.

Konsumen perlu teliti, sesaat sebelum mendaftar ada baiknya membaca terms & agreement supaya tahu apa yang akan dilakukan oleh pihak e-wallet terhadap data-data pelanggan. [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *