Siapkan Ikan Nemo dan Emas Hijau, BNPB Bantu Pulihkan Ekonomi Warga Ambon  

  • Whatsapp
Kepala BNPB Doni Manardo (bertopi) menemani Presiden Jokowi saat melihat langsung kondisi pengungsi di Lapangan Universitas Darussalam, Maluku Tengah, Ambon, Selasa (29/10).

INDOPOLITIKA.COM – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, sudah mempersiapkan sejumlah program untuk membantu memulihkan perekonomian warga korban gempa Ambon.

Hal itu disampaikan Doni Manardo kepada Presiden Jokowi saat melihat langsung kondisi pengungsi di Lapangan Universitas Darussalam, Maluku Tengah, Ambon, Selasa (29/10).

Baca Juga:

Dalam kesempatan ini, Doni Monardo memberikan penjelasan terkait penanganan gempa kepada Presiden. BNPB, jelasnya, memiliki beberapa opsi untuk peningkatan sosial dan ekonomi bagi warga terdampak gempa.

“Program pertama adalah Emas Biru, yaitu bantuan terkait budidaya ikan hias laut berupa ikan Nemo dan pengolahan ikan asap untuk dikonsumsi. Dengan memberikan pembinaan, pendampingan hingga penjualan hasil budidaya ikan laut tersebut,” ujar Doni.

“Progam berikutnya, emas hijau berupa pembibitan tanaman bernilai ekonomis seperti Pala, Cengkeh, Sukun dan Matoa. Serta dukungan pembibitan kayu bernilai ekonomis tinggi seperti Gaharu, Jabin dan Toren,” tambah Doni.

Selain itu akan diberikan dukungan alat pengolahan sagu yang dapat menghasilkan Tepung Sagu, Mi Sagu dan Beras Sagu. Dikarenakan Maluku memiliki banyak pohon sagu yang dapat diolah, diharapkan bantuan-bantuan tersebut dapat memicu produksi dan pertumbuhan ekonomi daerah .

Dalam kunjungan ini, Presiden Jokowi didampingi Gubernur Maluku Murad Ismail, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi disambut oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dan Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *