Internasional

Sikap Indonesia Terkait Pergantian Kekuasaan di Australia

Perdana Menteri Australia Scott Morrison menandatangani dokumen penunjukkannya sebagai perdana Menteri (Foto: AFP).

Jakarta: Pemerintahan Australia kembali berganti pemimpin. Malcolm Turnbull lengser dari kekuasaannya dan digantikan oleh Scott Morrison.
 
Baca juga: Scott Morrison Terpilih sebagai Perdana Menteri Australia.
 
Atas perubahan ini Pemerintah Indonesia mengucapkan selamat kepada Scott Morrison, atas terpilihnya sebagai Perdana Menteri Australia yang baru. Hal tersebut disampaikan dalam pernyataan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.
 
"Sebagai negara tetangga yang dekat, Indonesia percaya Perdana Menteri Scott Morrison, memiliki komitmen yang tinggi untuk terus memajukan hubungan bilateral yang saling menguntungkan, bagi Indonesia dan Australia," ujar pernyataan Kemenlu RI, yang diterima Medcom.id, Jumat 24 Agustus 2018.
 
"Bersama Pemerintah Australia yang baru, Indonesia siap untuk mengintensifkan kerja sama kemitraan komprehensif Indonesia-Australia, untuk kesejahteraan rakyat kedua negara dan kawasan," jelas pernyataan itu.
 
Pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan Australia, Scott Morrison akhirnya terpilih sebagai Perdana Menteri Australia yang baru. Ia akan menjadi perdana menteri sekaligus Ketua Partai Liberal.
 
Baca juga: Mengenal Sosok Scott Morrison, Perdana Menteri Baru Australia.
 
Morrison menang atas mantan Menteri Dalam Negeri Peter Dutton dengan perolehan suara 45-40. Sementara, Menteri Luar Negeri Julie Bishop gagal memperoleh suara terbanyak dalam pemungutan suara awal.
 
Sebelumnya ia sempat mengatakan tak akan berambisi mengalahkan Turnbull meski ia juga berminat menjadi orang nomor satu di Negeri Kanguru tersebut.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close