SIKM Dicabut, Keluar Masuk Jakarta Cukup Isi CLM dan Tak Perlu Rapid Test

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, telah menghapus pemberlakuan Surat Izin Keluar Masuk wilayah DKI Jakarta, yang diperuntukan bagi masyarakat yang hendak berkunjung maupun meninggalkan wilayah DKI Jakarta, selama pandemi virus Covid-19 masih mewabah di Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan dengan dihapusnya SIKM, warga yang akan keluar masuk ke Jakarta wajib mengisi Corona Likelihold Matrik (CLM).

Berita Lainnya

“Sejak tanggal 14 Juli kemarin SIKM ditiadakan, tapi warga diimbau untuk mengisi Corona Likelihold Matrik (CLM),

Ia menjelaskan, pengisian CLM dapat dilakukan melalui apliaksi JAKI atau Jakarta Kini yang dapat diunduh melalui Google Play Store.

Sistem akan memberi pertanyaan kepada pemohon soal gejala Covid-19. Sistem kemudian akan menilai jawaban pemohon dan mengeluarkan hasil soal kelayakan untuk melakukan perjalanan atau tidak.

“Jika aman, tentu dia akan langsung mendapat rekomendasi aman melakukan perjalanan, tapi jika tidak, sistem akan merekomendasikan yang bersangkutan untuk melakukan pemeriksaan,” tutur Syafrin.

Ia juga menegaskan pada aplikasi CLM ini pemohon tidak lagi memerlukan menyertakan hasil rapid test atau tes swab PCR.

Syafrin mengimbau kepada para pemohon yang mengajukan CLM ini untuk mengisi pertanyaan dengan jujur. Jika tidak, yang akan rugi adalah masyarakat itu sendiri.

“Kami mengimbau sama-sama kepada seluruh warga ini kembali ke kesadaran kita bersama bahwa wabah Covid-19 ini sangat berbahaya, sehingga kami menyarankan untuk mengisi dengan kondisi diri dengan sebenar-benarnya,” jelas Syafrin.

Diketahui sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta memberlakukan Surat Izin Keluar atau Masuk wilayah DKI Jakarta sejak 14 Mei 2020.

Surat Izin Keluar atau Masuk wilayah DKI Jakarta itu diperuntukkan bagi masyarakat yang menggunakan moda transportasi kereta, pesawat terbang, dan angkutan umum antar kota. [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *