Simak, Ini 10 Pertanyaan Masyarakat Soal Virus Corona Yang Akhirnya Terjawab

  • Whatsapp
Salah seorang tenaga medis di salah satu Rumah Sakit, nampak menggunakan masker sebagai antisipasi tertular Virus Corona. Foto: Dok/APF

INDOPOLITIKA.COM – Penyebaran Corona Virus yang begitu cepat ke berbagai belahan dunia, hingga saat ini masih menjadi kekhawatiran tersendiri. Negara asal virus, Cina, angka warga yang terinfeksi diinformasikan perlahan menurun.

Sebaliknya, di Korea Selatan, wabah ini malah meningkat. Di beberapa negara Eropa maupun Amerika, virus ini juga sudah menyebar.

Bacaan Lainnya

Namun tahukah Anda, sejak kemunculan pertamanya di Kota Wuhan, Cina, ada begitu banyak pertanyaan seputar virus ini. Setidaknya diketahui ada 10 daftar pertanyaan sebelumnya yang akhirnya terjawab sekarang.

Berikut pertanyaan yang terjawab itu seperti dikutip alarabiya.net:

Apakah coronavirus itu mematikan?

Virus ini, dalam beberapa kasus, bisa berakibat fatal bagi mereka yang tertular. Orang yang lebih tua dan mereka yang menderita kondisi medis yang sudah ada sebelumnya dan masalah pernapasan “tampaknya lebih rentan,” kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Apakah ada obat untuk coronavirus?

Saat ini belum ada obat yang ditemukan dan direkomendasikan oleh otoritas kesehatan untuk mencegah dan mengobati virus. Ada upaya yang sedang dilakukan untuk menciptakan vaksin dan bantuan khusus bagi mereka yang menderita.

Bagaimana penyebaran coronavirus?

Virus ini biasanya menyebar melalui kontak orang-ke-orang dengan seseorang yang terinfeksi. Ini biasanya menyebar melalui tetesan yang terinfeksi, seperti dari bersin, batuk, atau tetesan air liur. Kebersihan pernapasan yang baik, seperti mencuci tangan, diperlukan. Ada kemungkinan bahwa orang yang tidak memiliki gejala dapat menular, walaupun saat ini belum pasti.

Bisakah coronavirus menyebar melalui hewan peliharaan?

Belum ada bukti bahwa penyakit ini dapat menyebar melalui hewan peliharaan rumah tangga, seperti anjing atau kucing, juga tidak ada bukti bahwa hewan-hewan ini telah terinfeksi oleh virus.

Bisakah coronavirus menyebar melalui surat?

Meskipun virus dapat menyebar melalui permukaan yang baru disentuh, WHO mencatat bahwa aman bagi orang untuk menerima paket melalui pos karena penyakit ini tidak bertahan lama pada objek seperti surat atau paket.

Bisakah coronavirus menyebar melalui makanan?

Pengalaman dari wabah virus serupa, seperti SARS pada tahun 2003, dan MERS pada tahun 2012, menunjukkan bahwa penularan melalui konsumsi makanan tidak dapat terjadi, dan juga belum ada insiden yang dilaporkan mengenai penularan virus coronavirus melalui makanan. Namun WHO merekomendasikan untuk menghindari konsumsi produk hewani mentah atau setengah matang dan menangani makanan dengan hati-hati untuk menghindari kontaminasi silang.

Apa saja gejala dari coronavirus?

Gejala-gejala virus ini mirip dengan penyakit pernapasan lainnya dan termasuk pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan demam.

Apakah coronavirus berasal dari kelelawar?

Investigasi ke sumber virus belum menyimpulkan, dan sumber asli belum diidentifikasi. Kemungkinan pasar hewan hidup di China adalah sumber infeksi asli, menurut WHO.

Apakah coronavirus perlu diisolasi?

Perkiraan periode inkubasi untuk virus berkisar dari satu hingga 12 ½ hari. Di banyak negara, memang merekomendasikan untuk dilakukan langkah isolasi. Masa isolasi bisa sampai 14 hari bagi mereka yang bepergian dari daerah berisiko untuk mencegah penyebaran penyakit.

Apakah coronavirus melambat?

Jumlah yang terinfeksi telah mencapai hampir 80.000 secara global, dengan lebih dari 2.600 meninggal. Sebagian besar dari korban ada di Cina, dengan Iran sebagai negara paling mematikan kedua saat ini. Namun, jumlah orang yang telah pulih setelah tertular virus mulai melebihi infeksi baru pada 19 Februari 2020.[asa]

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *