Internasional

Simpati Vladimir Putin untuk Korban Gempa Lombok

Petugas gabungan mencari korban gempa di reruntuhan bangunan di desa Pemenang, Lombok, 7 Agustus 2018. (Foto: AFP/SONNY TUMBELAKA)

Jakarta: Duka cita dan simpati datang dari berbagai negara, termasuk Rusia, untuk Indonesia yang dilanda gempa berkekuatan 7,0 Skala Richter (SR). 

Berdasarkan data terbaru Badan Nasional Penanggulangan Bencana, gempa yang melanda Lombok pada akhir pekan kemarin itu menewaskan 105 orang dan melukai ratusan lainnya.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan duka cita mendalam kepada Presiden RI Joko Widodo atas bencana gempa yang baru saja menimpa Lombok.

“Rusia memberikan dukungan dan simpati bagi korban serta pihak keluarga yang terdampak gempa Lombok. Semoga semuanya segera pulih kembali,” sebut pernyataan resmi dari Kremlin, kepada Medcom.id, Selasa 7 Agustus 2018.

Gempa mengguncang Lombok, NTB pukul 18.46 WIB, Minggu, 5 Agustus 2018. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 132 gempa susulan terhitung sejak gempa 7.0 SR hingga Senin pukul 08.00 WIB.

Beberapa gempa susulan pun masih terasa hingga dini hari tadi.

Sejumlah negara telah menawarkan bantuan kepada Indonesia, di antaranya Malaysia, Singapura dan Jepang.

Menteri Luar Negeri Malaysia Saiffudin Abdullah langsung menelepon Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi tak lama setelah guncangan untuk menawarkan bantuan.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres juga telah menawarkan bantuan untuk Lombok.

 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close