Internasional

Singapura Bekukan Lisensi Agensi Penjual PRT Indonesia

Deretan PRT asal Indonesia muncul dalam sebuah akun di situs Carousell. (Foto: Screengrab from Carousell)

Singapura: Kementerian Tenaga Kerja Singapura (MOM) menyatakan bahwa agensi SRC Recruitment LLP adalah dalang di balik iklan penjualan di situs daring Carousell yang memasang deretan foto pembantu rumah tangga asal Indonesia.

MOM menilai agensi ini telah melanggar peraturan ketenagakerjaan Employment Agencies Act (EAA).

"Agensi terkait telah diberi pemberitahuan pembekuan izin dan tidak dapat lagi merekrut pekerja domestik asing," ucap MOM, dalam rilis yang diterima Medcom.id, Rabu 19 September 2018.

"MOM berkomitmen melindungi semua pekerja domestik asing di Singapura. Kami mengecam keras iklan dari agensi yang dilakukan secara tidak pantas," ucap Kevin Teoh, Komisioner Agensi Tenaga Kerja Malaysia.

"Mengiklankan pekerja domestik asing di internet seperti menjajakan barang sangat tidak pantas dan tidak dapat dimaafkan," lanjut dia.

Baca: Singapura Selidiki Penjualan PRT Indonesia di Situs Daring

Kevin menegaskan iklan semacam itu merupakan pelanggaran di bawah EAA. Pihaknya akan merespons kasus ini dengan sangat serius dan tidak akan ragu mengambil langkah hukum.

"Semua agensi perekrut tenaga kerja di Singapura harus memperlakukan klien mereka dengan baik, termasuk pekerja domestik asing," ungkap Kevin.

Saat ini MOM berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Indonesia dan mengonfirmasikan bahwa Singapura sedang menginvestigasi kasus ini.

Dalam iklan yang diunggah pengguna Carousell @maid.recruitment pada 14 September, deretan wajah PRT diperlihatkan. Diduga kuat beberapa dari PRT tersebut berasal dari Indonesia.

Carousell mengaku telah membekukan akun @maid.recruitment dan menghapus iklan deretan PRT tersebut.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close