Internasional

Singapura Siap Berikan Bantuan Apapun untuk Indonesia

Sebuah mobil terhempas di antara reruntuhan rumah di Perumnas Bala Roa, Palu, Minggu 30 September 2018. (Foto: Antara/Darwin Fatir)

Singapura: Singapura turut berduka cita atas musibah gempa bumi dan gelombang tsunami yang melanda Palu serta Donggala. Ucapan belasungkawa disampaikan PM Singapura Lee Hsien Loong via sebuah surat untuk Presiden Joko Widodo.

"Saya sedih mendengar bahwa gempa bumi dan tsunami melanda Donggala serta Palu di Sulawesi Tengah. Singapura berbelasungkawa untuk warga Indonesia dan keluarga korban terdampak gempa bumi dan tsunami," ungkap PM Lee di suratnya, dalam keterangan di laman Facebook Kedutaan Besar Singapura di Jakarta, Sabtu 29 September 2018.

PM Lee mengatakan singapura siap memberikan dukungan apapun kepada Indonesia. "Saya yakin Indonesia akan segera pulih dari tragedi ini," sebut dia.

Banyak negara telah bersimpati kepada Indonesia, seperti Inggris, Afrika Selatan dan lainnya. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengaku tidak dapat menghitung ada berapa banyak negara yang mengucapkan duka untuk Indonesia.

Baca: Afsel Berduka atas Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah

"Sekjen PBB menyampaikan (duka cita). PBB secara umum, mayoritas negara anggota, juga menyampaikan duka cita kepada Indonesia," tutur Menlu Retno di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat, Jumat kemarin.

Gempa berkekuatan 7,4 skala Richter (SR) telah mengguncang Palu dan Donggola hingga memicu terjadinya tsunami pada Jumat 28 September pukul 17.02 Waktu Indonesia Tengah.

 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close