Internasional

Singapura Siap Kirim Militer untuk Bantu Indonesia

Tim Basarnas dibantu warga mengangkat jenazah saat evakuasi pascagempa di Kompleks Perumahan Nasional Kelurahan Bala Roa, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa 2 Oktober 2018. (Foto: Antara/Darwin Fatir)

Singapura: Singapura kembali menegaskan kembali komitmen untuk membantu Indonesia yang sedang dilanda musibah gempa bumi dan gelombang tsunami. Singapura menyatakan siap menyalurkan bantuan kemanusiaan baik berupa barang dan jasa ke wilayah terdampak gempa di Palu, Donggala dan sekitarnya di Sulawesi Tengah.

Komitmen bantuan disampaikan Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen via sebuah surat untuk Menhan Ryamizard Ryacudu. Beberapa hari lalu, ucapan duka dan komitmen telah disampaikan ke Indonesia oleh Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

Dalam surat Menhan Ng, seperti disitat dari The Straits Times, Selasa 2 Oktober 2018, disebutkan bahwa "Angkatan Bersenjata Singapura siap memberikan bantuan kemanusiaan. Pesawat angkut C-130 Singapura juga dapat digunakan untuk mengirim bantuan."

Baca: Tiga Bentuk Bantuan Asing yang Diperlukan Indonesia

Malaysia juga menyampaikan hal serupa kepada Indonesia. Negeri Jiran akan mengirim tim ahli dan juga menyumbangkan dana bantuan RM500.000 (setara Rp1,8 miliar) untuk para korban di Sulteng.

Wakil Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Dr Wan Azizah Wan Ismail mengatakan keputusan mengirim bantuan diambil usai dirinya berbicara dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla melalui sambungan telepon.

"Indonesia terbuka untuk menerima kontribusi dan bantuan, jadi kami mengirim tim SMART untuk membantu pencarian dan penyelamatan, karena kita harus berpacu dengan waktu untuk menemukan lebih banyak korban," cetus Wan Azizah.

Gempa 7,4 Skala Richter (SR) yang mengguncang Sulteng pada Jumat 28 September menyebabkan tsunami dan mengakibatkan kerusakan parah. 

Data terbaru Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per 1 Oktober menyebutkan total korban tewas mencapai 844 jiwa, dengan lebih dari 600 terluka.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close