Siswa Mulai Masuk Sekolah di Tangerang Raya September, Begini Tahapannya

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka di tiga wilayah Tangerang, yakni Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan dimulai pada September mendatang,

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Syaifullah menyampaikan ketiga wilayah Tangerang Raya tersebut sepakat menggelar KBM secara tatap muka dengan tahapan yang sudah disusun bersama. Kebijakan itu berlaku untuk sekolah di bawah kewenangan kabupaten/kota dengan urutan prioritas mulai dari SMP, SD, dan TK/PAUD.

Bacaan Lainnya

“Tiga Dinas Pendidikan di Tangerang Raya sudah melakukan rapat bersama dan sepakat melaksanakan sekolah tatap muka dengan tahapan yang sudah kami rencanakan bersama,” kata Syaifullah, Rabu (5/8/2020) seperti dilansir dari Kompas.com.

Syaifullah menjelaskan, tahap pertama merupakan sosialisasi dan simulasi yang digelar pada minggu ketiga dan keempat Agustus.

Di tahap awal tersebut, sekolah yang dinyatakan siap akan menggelar simulasi KBM yang hanya boleh dihadiri 50 persen siswa saja setiap harinya.

“Untuk menentukan 50 persen yang boleh masuk, kami menggunakan nomor urut, ganjil hari pertama, genap hari kedua, dan berikutnya demikian,” terang Syaifullah.

Dari 50 persen murid yang masuk kelas tersebut, lanjut Syaifullah, akan dibagi dalam dua shift, pagi dan siang.

“Untuk lebih memudahkan pengontrolan dan mencegah banyak interaksi langsung antar murid,” katanya.

Ketika pelaksanaannya nanti, KBM tatap muka ini tidak dilakukan seperti KBM sebelum pandemi corona. Nantinya tatap muka antara guru dan murid hanya berlangsung selama dua jam untuk kegiatan konsultasi saja.

Jika tahap pertama lancar, Syaifullah mengatakan tahap berikutnya akan dilanjutkan, yakni pelaksanaan KBM tatap muka yang direncanakan dimulai pada minggu kedua September 2020.
Akan tetapi rencana tersebut bergantung pada keputusan tim Gugus Tugas Covid-19.

“Setelah evaluasi dan simulasi selesai, jika berdasarkan evaluasi boleh melaksanakan ini sama tim Gugus Tugas Covid-19, maka KBM tatap muka akan digelar,” katanya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *