Siti Aisyah Diyakini Bebas dari Hukuman Mati

  • Whatsapp
Siti Aisyah (tengah) terdakwa pembunuhan Kim Jong-nam, saudara tiri pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un dikawal menuju ruang persidangan di Malaysia. (Foto: AFP/Mohd Rasfan)

Jakarta: Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah meyakini Siti Aisyah akan terbebas dari hukuman mati.

Siti Aisyah sebelumnya didakwa terlibat pembunuhan Kim Jong-nam, saudara tiri Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Muat Lebih

"Sejak awal Migrant Care selalu menegaskan kalau proses hukum ini adil, Siti Aisyah besar kemungkinan dibebaskan dari hukuman mati," ujarnya melalui sambungan telepon dalam Metro Pagi Primetime, Kamis, 16 Agustus 2018.

Anis mengakui bahwa ada barang bukti berupa rekaman CCTV yang menunjukkan detik-detik Aisyah menyerang Jong-nam. Tetapi hingga persidangan memasuki agenda putusan sela, motif dari aksi Aisyah tidak ditemukan.

"Ini dua hal yang kontradiktif dengan apa yang terjadi dalam kasus Siti Aisyah," ungkapnya.

Baca juga: Siti Aisyah Hadapi Putusan Sidang Pembunuhan Kakak Kim Jong-un

Dari berbagai keterangan saksi di pengadilan pun, kata Anis, jaksa tidak bisa menemukan motif yang melatarbelakangi Aisyah terlibat dalam kasus pembunuhan. 

Hingga saat ini Aisyah meyakini ia terlibat dalam 'penyerangan' terhadap Jong-nam hanya bagian dari adegan reality show dari sebuah program televisi. Tidak ada informasi lain yang menunjukkan Aisyah melakukan tindak pidana atau kejahatan.

"Ini yang memberi keyakinan bagi pemerintah Indonesia bahwa Aisyah tidak melakukan tindak pidana. Indonesia berharap Pemerintah Malaysia fair memutuskan kasus ini sehingga dia dibebaskan dari hukuman mati," jelas dia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *