Politik

Situs Presidensby.info Sempat Diretas Hacker

Situs PresidenSBY.info sempat tak bisa diakses pada pagi Rabu (9/1) ini. Pihak Istana Kepresidenan sudah berkoordinasi dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) terkait diretasnya situs berita resmi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), PresidenSBY.info.Seperti diketahui, Rabu (9/1) pagi tadi, situs yang memuat berita dan kegiatan Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono tersebut, sempat tidak bisa dibuka. Situs ini mengalami gangguan peretasan sehingga tidak bisa diakses.

“Kami telah berkoordinasi dengan Kemkominfo dan Reskrim Polri, sekiranya ada hal atau tindakan yang perlu diambil,” ujar Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, melalui pesan singkat kepada wartawan, Rabu (9/1).

Julian membenarkan bahwa memang ada gangguan pada situs berita resmi kepala negara itu. Namun menurutnya, keadaan tersebut telah diatasi.

“Hal itu terjadi bukan pada webmaster kami, melainkan terjadi di beberapa provider. Secara umum telah diatasi, dan situs PresidenSBY.info dapat diakses (kembali) dan berjalan normal,” imbuhnya.

Pagi tadi, ketika dibuka, alamat laman situs PresidenSBY.info malah menampilkan layar berwarna hitam dengan logo putih di tengah dan tulisan “Jemberhacker Team”. Terdapat juga tulisan “Hacked by” (diretas oleh) MJL007. Terdapat lagu instrumental yang mengalun saat situs ini diakses.

Namun sebenarnya, bagi yang ingin mengakses informasi dari situs ini, masih bisa masuk ke alamat alternatif, yaitu PresidenRI.go.id. Sementara terhitung saat ini, situs PresidenSBY.info sendiri pun sudah kembali beroperasi seperti semula.(Brtst)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close