Perceraian UAS Sangat Disayangkan, MUI Riau: Kalau Bisa Langgeng Lebih Baik

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Pengadilan Agama Bangkinang Riau telah mengabulkan gugatan Ustaz Abdul Somad atau UAS menceraikan istrinya Mellya Juniarti. Santernya berita perceraian ini pun membuat Majelis Ulama Islam (MUI) Riau ikut mengomentarinya.

Ketua MUI Nazir Karim mengatakan UAS adalah figur yang seharusnya memberikan contoh yang baik bagi masyarakat. Tentunya dengan adanya kabar badai rumah tangga yang menimpa UAS sungguh sangat disayangkan.

BACA JUGA:

“Tentu kita sayangkan sebagai figur yang memang harus dianut dalam segala perkataan dan perbuatan tentunya, kan begitu. Harapan kita kan seperti itu, agar menjadi role model, bagi model kehidupan termasuk tentunya kehidupan rumah tangga,” kata Ketua MUI Riau Nazir Karim

Meski demikian, Nazir menambahkan persoalan didalam rumah tangga tentunya semua orang pasti mengalaminya. Akan tetapi, tidak semua orang bisa lulus dengan ujian dalam rumah tangga tersebut. Mungkin Uas kata dia, sudah melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan rumah tangganya.

“Jadi apa yang terjadi persoalan dalam rumah tangga, tentu mereka (UAS dan Mellya) yang paham. Memang dalam agama ya bahwa nikah cerai itukan memang dibolehkan, kan tidak ada masalah. Tetapi kan tentu harapan orang, harapan jemaah apa lagi, kalau bisa langgeng itu lebih baik,” kata Nazir.

UAS saat ini menjadi figur yang diidolakan oleh masyarakat. Namun ia meminta masyarakat agar tidak mencotoh hal yang buruk dari UAS. “Itu yang saya sebut sebagai role model tadi, jadi mengatur rumah tangga, yang lain terutama jemaah-jemaah itu akan bisa terikutkan kan gitu (cerai). Karena sebagai khutwah sebagai contoh, itu saja sebenarnya,” kata Nazir

Menurutnya, banyak masyarakat yang ingin mencontoh para ulama dalam membina rumah tangganya menjadi sakinah mawadah warahmah. Dan Uas saat ini adalah ulama yang menjadi figur terkenal, tentunya semua sikap dan perbuatannya itu akan dicontoh oleh masyarakat.

Namun sekali lagi, Nazir menyatakan dalam kasus rumah tangga Uas dirinya tidak akan terlalu jauh mencampurinya. “Keinginan jemaah pastilah agar ulama-ulama kita tidak hanya beliau (UAS) agar menjadi contoh bagaimana membentuk keluarga sakinah mawadah warahmah, kan itu yang dipidatokan,” kata Nazir.

Sebelumnya, berita perceraian UAS ini dibenarkan oleh istri UAS, Mellya, diakun IG@Mizyanhadziq. Mellya membenarkan kabar gugatan cerai diajukan ke Pengadilan Agama Bangkinang, Kabupaten Kampar. “Benar (cerai),” jawab Mellya.

Kuasa hukum UAS, Hasan Basri, juga membenarkan kabar gugatan cerai ke istrinya, Mellya Juniarti. Namun, Hasan tak mau berkomentar panjang soal gugatan cerai UAS ke istrinya.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *