Soal Kepastian Ibadah Haji 2020, Fadli Zon: Belajarlah Dari Kasus Pembatalan Umroh   

  • Whatsapp
Mantan Wakil Ketua DPR, Fadli Zon

INDOPOLITIKA.COM – Politikus Gerindra Fadli Zon mendesak Menteri Agama membuat keputusan soal penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Sebab, pemerintah Arab Saudi telah mengirimkan sinyal soal kemungkinan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2020.

Sinyal itu dikirim resmi dalam surat tertanggal 13 Maret 2020. Isinya meminta meminta Menteri Agama Republik Indonesia menunda penyelesaian kewajiban urusan haji tahun 2020. Permintaan penundaan itu terkait erat dengan adanya kasus pandemi global Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Segera buat keputusan (soal penyelenggaraan ibadah haji tahun ini). Agar para jamaah kita mendapat kepastian,” katanya melalui akun twitternya @fadlizon, dikutip indopolitika.com, Kamis (26/3/2020).

Meski tidak secara tegas menyebut pembatalan pelaksanaan ibadah haji, tetapi mantan Wakil Ketua DPR itu mengungkapkan kondisi kesehatan di negara Arab Saudi pasca dilanda wabah Virus Corona. Karena itu kemungkinan akan melahirkan keputusan darurat soal penyelenggaraan ibadah haji juga terbuka lebar.

“Belajarlah dari pembatalan izin umrah yang dilakukan secara mendadak oleh Saudi, pemerintah perlu mengambil langkah proaktif. Apalagi, Saudi kini tengah menghadapi lonjakan jumlah orang yang terpapar Covid-19,” twit-nya lagi.

Dia mengatakan, keputusan itu perlu dibuat segera dengan atau tanpa putusan resmi pemerintah Arab Saudi. Hal itu sangat penting untuk meminimalisasi risiko kerugian bagi calon jamaah Indonesia.

Baik kerugian moril maupun materil akibat ketidakpastian yang dibiarkan berlarut-larut. “Tahun ini Indonesia rencananya akan memberangkatkan 231.000 jamaah. Hingga hari ini kepastian pelaksanaan ibadah haji masih saja dibiarkan menggantung,” ujarnya.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *