Soal Peluang Anies-Sandi Berduet di Pilpres 2024, Pengamat: Berat!

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Presiden PKS Ahmad Syaikhu menggaungkan duet Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Pilpres 2024. Dia menyebut duet Gubernur DKI Jakarta dan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) sebuah keniscayaan.

Bagaimana kata pengamat?

Berita Lainnya

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar, Ujang Komarudin mengatakan wacana menduetkan Anies – Sandi sah-sah saja. Namun, dia menilai peluang keduanya berduet di Pilpres 2024 mendatang cukup berat.

“Wacana yang sah dan bagus-bagus saja. Namun kelihatannya menduetkankan lagi pasangan tersebut agak sulit dan berat,” kata Ujang kepada wartawan, Jumat (17/9/2021).

Dia menilai berat karena Gerindra lebih condong untuk kembali mengusung Ketua Umumnya Prabowo Subianto. Sementara partai-partai lain juga sudah punya calon masing-masing.

“Karena kita tahu Gerindra dukung Prabowo. Dan partai-partai lain juga akan usung ketumnya masing-masing,” tuturnya.

Namun, hal itu, kata Ujang, bisa saja tak akan menjadi kendala berarti untuk menduetkan Anies-Sandi. Dengan catatan, elektabilitas kedua nama tersebut harus lah moncer.

“Begitu juga sebaliknya. Jika elektabilitasnya rendah, maka partai-partai politik tak akan ada yang mendukung,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ujang menyampaikan, PKS harus putar otak bila Gerindra nantinya menolak mengusung Sandi untuk diduetkan dengan Anies di Pilpres. Ia menilai PKS bisa berkoalisi dengan NasDem.

“Ini yang harus dipikirkan oleh PKS. Bisa mungkin dari Nasdem. Semua masih belum kelihatan konstruksi politiknya. Semua masih samar-samar. Dan masih saling mengintip kekuatan lawan. Masih melihat dinamika politik yang terjadi ke depan,” tandasnya.

Sebelumnya, Presiden PKS Syaikhu sempat melontarkan duet Anies-Sandi untuk Pilpres 2024. PKS sendiri pernah mengusung pasangan tersebut ketika Pilkada DKI.

“Duet Anies-Sandi adalah sebuah keniscayaan,” kata Syaikhu di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (16/9/2021). [fed]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *