Soal Pemadaman Listrik, Fadli Zon: Jangan Kriminalisasi Pohon Sengon Lah

  • Whatsapp
Fadli Zon (Ist)

Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meminta tidak ada pihak yang menuduh atau mengkriminalisasi pohon sengon sebagai penyebab utama pemadaman listrik di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, pada Minggu (4/8).

Menurutnya, penyebab utama pemadaman listrik yang terjadi secara massal tersebut seharusnya disampaikan oleh ahli.

Berita Lainnya

“Seharusnya yang bilang pohon sengon ahli dong. Jangan kriminalisasi pohon sengon lah,” kata Fadli kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu (7/8).

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo mengatakan sejumlah pohon di sekitar PT PLN UPT Ungaran diduga menjadi penyebab utama pemadaman listrik di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah.

Ketinggian pohon di sana melebihi 8,5 meter. Hal itu berdasarkan penelusuran Polda Jawa Tengah yang telah mewawancarai empat petugas UPT.

Di sekitar tempat kejadian perkara, tepatnya di Tower Transmisi 434 dan 435, terdapat sejumlah pohon yang ditebang. Lokasi itu juga telah diberikan garis polisi.

Fadli menilai penjelasan soal pohon sengon itu tidak masuk akal. Menurutnya, pihak-pihak terkait harus melakukan investigasi lebih dahulu terkait penyebab utama pemadaman listrik.

“Penjelasan seperti pohon sengon itu enggak masuk akal, tidak memberikan suatu penjelasan yang memadai,” kata dia.

“Jadi harus ada investigasi, tapi harus ada limit waktunya. Masa yang begini saja perlu setahun, ya seminggu (atau) dua minggu lebih dari cukup,” tutur politikus Partai Gerindra itu.

Berita terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *