Soal Penanganan Banjir DKI, Lasarus; Anies, Sory Ya…

  • Whatsapp
Ketua Komisi V DPR RI Lasarus

INDOPOLITIKA.COM – Ketua Komisi V DPR Lasarus mengkritik penanganan banjir di DKI. Menurut politisi PDIP itu, pola penanganan banjir di DKI hanya menyentuk aspek hilir. Sementara sumber masalah banjir tidak diselesaikan. Karena itu, kata dia, pendekatan yang dilakukan Pemprov DKI tidak akan menyelesaikan masalah. DKI akan tetap kebanjiran.

“Pola penanganan yang sekarang ini, sory ya, beliau (Anies) kan saya dengar selalu ngomong, kita yang penting yang terdampak banjir ini kita urus makannya, ngungsinya, kesehatannya. Tapi dia tidak pernah ngomong sumber banjirnya kapan mau diselesaikan,” kata dia.

Bacaan Lainnya

Dia mengambil contoh penanganan banjir di hilir Kampung Pulo, Jakarta Timur. Menurut dia, banjir di hilir Kampung Pulo masih terjadi karena betonisasi tidak lagi di lanjutkan. Berhentinya betonisasi disebabkan pembebasan lahan tidak berjalan. Nah, pembebasan lahan itu merupakan kewenangan Pemprov DKI. Sementara betonisasi merupakan kewenangan Kementerian PUPera.

“Kampung Pulo itu kalau hilirnya sudah kita beton semua, nanti permukaan air itu lebih tinggi daripada rumah penduduk. Nggak bakal banjir. Tapi karena di hilir belum selesai, bocor ya balik lagi airnya,” katanya.

Dia juga menduga Anies tersandera janji kampanye. Anies, menolak menggunakan pendekatan betonisasi untuk menangani banjir Jakarta. Dia lebih memilih melalukan normalisasi.  Meskipun istilah itu kemudian menimbulkan perdebatan yang tak berujung. Tetapi, bagi Lasarus, Anies terbebani dengan janji politiknya saat kampanye Pilgub lalu.

“Saya rasa beliau terbebani dengan omongan beliau. Mungkin ya. Aaya terpaksa ngomong begini. Dan kalau dia (Anies) tidak lakukan itu (betonisasi), sampai kapanpun banjir akan terus terjadi,” katanya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *