Advertisement
Politik

Soal Sandiaga Uno Melangkahi Makam Pendiri NU, Pemuda Banten Bersatu: Sangat Tidak Pantas

Beberapa waktu lalu viral tersebar video Calon Wakil Presiden pasangan Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, terlihat jelas melangkahi makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Bisri Syansuri di Jombang, Jawa Timur.

Momen itu kemudian dikonfirmasi terjadi saat peringatan Hari Santri Nasional, pada 22 Oktober 2018 lalu. Sandiaga Uno bersama Prabowo Subianto menghadiri peringatan Hari Santri di Jombang, dan berziarah ke makam KH Bisri Syansuri.

Menanggapi peristiwa tersebut, Ihya Ulumuddin, koordinator Pemuda Banten Bersatu, mengungkapkan keprihatinannya. Ihya, demikian ia akrab disapa, mengaku sangat heran dengan kejadian tersebut. Belum soal pendiri NU-nya, namun secara dasar adab berziarah, ia merasa sepertinya Sandiaga Uno bermasalah.

“Melihat videonya saya terheran-heran, mas. Bagaimana bisa ini dilakukan Pak Sandi, seperti tidak pernah ziarah. Kita orang biasa saja tahu adab berziarah, anak kecil pun juga tahu. Masyarakat bisa berpikiran jangan-jangan beliau tidak pernah ziarah,” ungkap Ihya saat dijumpai di sela-sela kegiatannya di Serang, Banten, Kamis (15/11/2018).

Ihya menambahkan, keheranan ini tidak hanya ia secara pribadi yang merasakan, namun teman-teman lingkungan sekitarnya juga malah kebingungan setelah menonton rekaman video tersebut. Bukan mengungkapkan amarah, namun mereka sedikit meragukan “keislaman” seorang Sandiaga Uno.

“Kemarin sempat ada berita beliau dikatakan santri post atau apa begitu. Kami tidak percaya sama sekali. Profil biodatanya juga tidak ada track record keislaman. Janganlah kita mengada-ngada sesuatu, masyarakat jangan dibodohi,” lanjutnya menegaskan.

Konon lagi jika mau dikaitkan dengan tokoh pendiri NU-nya, apa yang diperbuat Sandiaga Uno sungguh memalukan. Sebagai orang Banten yang juga warga NU, Ihya bersama teman-temannya mengaku sangat menyayangkan perbuatan tersebut.

Semakin pasangan Prabowo-Sandi menunjukkan kesalahan-kesalahannya dalam bersikap, orang Banten menurutnya juga akan semakin yakin akan pilihannya mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf. Apalagi KH Ma’ruf Amin adalah asli orang Banten dan ulama NU yang tak diragukan.

“Pak Sandi ini kan kandidat orang nomor dua di Indonesia, sangat tidak pantas itu dilakukannya. Melihat kesalahan demi kesalahan yang mereka lakukan, tanpa kampanye yang massif pun rasa-rasanya kami semakin yakin Pak Jokowi dan KH Ma’ruf Amin akan menang dalam pemilu nanti,” pungkasnya.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close