Internasional

Spanyol akan Pindahkan Kuburan Mantan Diktator Franco

Basilika yang dibangun Franco di Valley of the Fallen di San Lorenzo de Escorial dekat Madrid, Spanyol. (Foto: AFP/JAVIER SORIANO)

Madrid: Pemerintah Spanyol mengesahkan amandemen undang-undang yang menyatakan bahwa jasad mantan diktator Spanyol, Jenderal Francisco Franco, akan dipindahkan dari sebuah mausoleum yang kontroversial.

Carmen Calvo, Wakil Perdana Menteri Spanyol, menyebut bahwa dekrit ini — yang diterbitkan pada Jumat 24 Agustus 2018 — akan diperdebatkan di kongres dalam 30 hari ke depan.

Keluarga Franco diberi waktu hingga 15 September untuk menjawab pemerintah tentang dimana tempat persemayaman baru mantan diktator itu nantinya.

Jika keluarga terus menolak menerima sisa-sisa jenazah Franco, maka pemerintah akan mencari solusi lain.

"Kami tidak bisa menunggu lebih lama lagi buat menggali kembali jasad diktator dari lokasi di mana dia dimakamkan berdampingan dengan korban perang saudara," kata Calvo, seperti dinukil dari Telegraph, Sabtu 25 Agustus 2018. 

Ia menambahkan bahwa Perserikatan Bangsa-Bangsa dan parlemen Spanyol sudah mendesak pemerintahan konservatif PM Pedro Sanchez untuk mengatasi masalah kuburan Franco ini.

Sebelumnya pada musim panas lalu, PM Sanchez mengindikasikan bahwa pemerintahnya akan menggali sisa-sisa jasad itu diktator pada Juli. Tetapi penentangan dari keluarga Franco membuat pemerintah terpaksa menempuh jalur hukum. 

Perang saudara Spanyol dimulai pada 1936, setelah Jenderal Francisco Franco dan perwira militer lainnya, memimpin upaya kudeta terhadap pemerintah sayap kiri Spanyol saat itu.

Setelah memenangkan perang pada 1939, Franco memerintah negara sebagai diktator sampai kematiannya pada 1975. 

Lewat kerja paksa para tahanan politik, Franco mendirikan basilika di area bernama Valley of the Fallen.

Basilika itu dibangun di bawah sebuah salib raksasa. Lebih dari 33.000 korban perang saudara dimakamkan di ruang bawah tanah basilika tersebut.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close