Sri Mulyani Ajak Generasi Muda Cermati RAPBN 2020

  • Whatsapp
Menkeu Sri Mulyani

INDOPOLITIKA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020 mengalokasikan belanja negara sebesar Rp 2.528,8 triliun.

Sri Mulyani meminta kepada generasi muda untuk mulai membaca nota keuangan yang ada di dalam RAPBN tersebut. Hal itu disampaikan karena terdapat banyak ide untuk menciptakan aplikasi digital bagi generasi muda.

Baca Juga:

“So many idea. Jadi saya ingin coba teman-teman di sini baca sedikit soal nota keuangan. Memang tidak seperti Twitter yang hanya 144 karakter ya, jadi harus agak sedikit tekun,” ujarnya di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (18/8).

Menurutnya, teknologi digital yang dibuat oleh generasi muda dapat mempermudah pemerintah merealisasikan belanja negara agar lebih tepat sasaran. Selain itu, data dari aplikasi digital sangat diperlukan bagi pemerintah untuk akuntabilitas publik.

“How do we know bahwa itu akan digunakan untuk segala sesuatu yang akan dipakai karena banyak yang mengatakan oh solusi pertama harus ada uangnya tapi uang only one thing, uang tanpa ide tanpa solusi dia menjadi waste bahkan bisa menjadi korupsi,” ucapnya.

Menteri kelahiran Lampung itu juga mengajak para pengusaha muda berbasis teknologi (technopreneur) untuk sama-sama mengawal agar uang rakyat dapat tersalurkan dengan baik. Selain itu, hal tersebut juga dapat menjadi peluang bagi teknopreneur untuk menciptakan aplikasi-aplikasi baru yang membantu masyarakat.

“Jadi teman-teman di sini saya minta tolong ayo dong bantu saya, kita mempropos anggaran begitu banyak,” kata dia.

Dalam RAPBN 2020, anggaran negara disalurkan untuk belanja pemerintah pusat sebesar Rp1.670 triliun serta anggaran transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp858,8 triliun.

“You have idea untuk bisa menciptakan apakah aplikasi, apakah sistem informasi, dan itu akan kita invite,” pungkasnya.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *