Ssst… Mau Lulus Tes SKD CPNS? Simak Tipsnya Berikut

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dimulai pada pada 27 Januari 2020 hingga 28 Februari 2020.

Tes SKD akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang diklaim tidak ada celah kecurangan. Materi SKD yang akan diujikan meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Baca juga:

Perlu diperhatikan tips yang sering dilupakan oleh para pelamara berikut ini.

1. Mengerjakan TWK dan TKP terlebih dahulu

Selain mempersiapkan diri dengan belajar, peserta tes diharapkan dapat mengetahui medan sistem CAT terlebih dahulu. Seperti mengenali tampilan sistem CAT. Yang tak kalah penting adalah diperlukan strategi dalam menjawab soal-soal CAT.

Lian Ifandri, seorang analis kebijakan yang bekerja di Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mencontohkan, salah satu tipsnya adalah banyak mempelajari soal-soal tes CPNS dari tahun-tahun sebelumnya.

“Seringkali soal-soal CPNS memiliki pola yang sama dari tahun ke tahun. Soal-soal tersebut dapat dipelajari sehingga ketika mendapati soal sejenis saat ujian maka peserta akan lebih mudah menyelesaikannya,” kata Lian seperti dikutip dari siaran pers Kementerian PANRB, Senin 27 Januari 2020.

Lian juga menyarankan untuk mengerjakan soal dari yang dianggap paling mudah dan dikuasai. Sementara itu, peserta bisa melewati soal-soal yang dirasa lebih sulit.

“Apabila masih terdapat sisa waktu ujian maka gunakanlah untuk mengerjakan soal yang belum terjawab di setiap jenis soal untuk meningkatkan nilai. Strategi ini bisa dipakai untuk TWK, TIU, TKP,” ungkapp Lian.

2. Ada 100 soal yang harus diselesaikan selama 90 menit

Untuk diketahui, setiap peserta seleksi CPNS diberikan waktu selama 90 menit. Masing-masing peserta akan mendapatkan 100 soal SKD.

Soal tersebut terbagi menjadi tiga kelompok, yakni 30 soal tes wawasan kebangsaan (TWK), 35 soal tes intelegensi umum (TIU), dan 35 soal tes karakteristik pribadi (TKP).

Maersk Ramadani Gumay, yang kini bekerja Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, menyarankan, peserta harus aktif untuk mencari informasi di website atau media sosial resmi instansi yang dilamar. Termasuk bergabung WhatsApp Group untuk mencari informasi-informasi penting terkait tes SKD CPNS.

“Kita juga harus aktif dalam mencari informasi mengenai SKD seperti jadwal tes, passing grade, keperluan yang dibutuhkan pada saat tes, dan lain sebagainya,” ujar Maersk

Selama proses tes, pengantar atau orang lain dapat melihat hasil secara real time melalui layar monitor yang disediakan di luar ruangan tes. Saat tes ini, para peserta diberikan waktu 90 menit. Pengecualian untuk pelamar pada formasi penyandang disabilitas khususnya penyandang disabilitas sensorik netra.

3. Sistem CAT juga berlaku untuk formasi khusus

Sistem CAT diterapkan untuk semua formasi termasuk formasi khusus. Antara lain untuk putra/ putri lulusan terbaik berpredikat dengan ujian atau cumlaude, diaspora, penyandang disabilitas, putra/ putri Papua dan Papua Barat, dan tenaga pengamanan siber (cyber security). [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *