Daerah

Stella Dia Tatung Dorong Minat Baca Perempuan untuk Menangkal Hoaks

Lahat — Bahaya kabar bohong atau hoaks dalam perkembangan dunia digital akhir-akhir ini bukan sekedar isapan jempol belaka. Lebih lagi dalam politik, Presiden Jokowi bahkan sampai harus berkali-kali mempertanyakan tuduhan PKI yang disematkan padanya.

Hoaks bisa menyerang siapa saja, sebab dengan kecepatan dunia informasi sekarang ini, masyarakat cenderung mudah mempercayai hal-hal yang belum tentu kebenarannya. Karenanya untuk mencegah hal tersebut, dibutuhkan minat membaca dengan ketelitian yang tinggi oleh masyarakat.

Demikian dikatakan Stella Dia Tatung, Caleg DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Dalam zaman serba gadget sekarang ini, Stella menilai tingkat minat baca yang rendah bisa membuat orang gampang percaya berita-berita yang tidak jelas kebenarannya.

“Baru membaca judul saja orang kadang sudah percaya. Padahal, isi tulisan atau beritanya seringkali tidak memenuhi unsur kebenaran atau kaidah jurnalistik. Disebar sana-sini, dari grup ke grup, dan seterusnya. Jadilah seperti teori propaganda kebohongan yang dikerjakan berulang-ulang akan diterima sebagai kebenaran,” ujar Stella saat berdiskusi dengan ibu-ibu di Lahat, Kamis (6/12/2018).

Oleh karena itu, tokoh perempuan yang juga seorang pengusaha ini bertekad untuk mendorong tumbuhnya minat baca yang tinggi di kalangan masyarakat, khususnya kaum perempuan Sumsel yang jadi fokus perhatiannya sejak awal.

“Dengan mendorong tumbuhnya minat baca kaum perempuan, termasuk juga ibu-ibu, kita tidak hanya mencegah sebaran hoaks, namun membangun peradaban Sumsel yang lebih maju dan bermutu. Sebab perempuan adalah madrasah pertama dari anak-anak. Sampai terus berjalan dari generasi ke generasi,” pungkas Stella.

Stella Dia Tatung diketahui memang ingin fokus berjuang demi kaum perempuan di Sumsel. Itikadnya untuk maju ke kursi DPRD Provinsi Sumsel didasarkan pada perjuangan kemajuan kaum perempuan.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close