Sttt..Ada Lho Capim Yang Dukung KPK Diberi Kewenangan SP3

  • Whatsapp
Capim KPK Nawawi Pomolango
INDOPOLITIKA.COM- Calon pimpinan (capim) KPK Nawawi Pomolango setuju dengan adanya rencana merevisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK.
Salah satu poin perubahan yang ia setujui alah pemberian kewenangan kepada KPK untuk menerbitkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3). Menurut dia, KPK wajib memiliki kewenangan untuk menerbitkan  SP3 agar ada kepastian hukum.
Dia menilai, rasanya tak adil bagi seseorang yang telah ditetapkan tersangka, namun buktinya tidak mencukupi untuk diproses dan seseorang menjadi tergantung status hukumnya.
“Karena you cari-cari orang punya salah enggak ada, SP3 dia. Toh besok lusa kalau ketemu lagi barang bukti baru kan bisa ditetapkan lagi status tersangka itu,” kata Nawawi di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2019).
Kendati begitu, ada beberapa poin yang tidak disetujui Nawawi untuk direvisi. Misalnya penuntutan yang harus dikoordinasikan dengan Kejaksaan Agung.
“Kalau ada aturan seperti itu lantas di mana letak independensi KPK, kalau kemudian tuntutan harus dikoordinasikan dengan kejaksaan,” tandasnya.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *