Sudikah Beijing Minta Tolong Amerika Tangani Virus Corona?

  • Whatsapp
Lu Yuejin menangis histeris saat berusaha melewati pos penjagaan polisi. Foto: REUTERS / Thomas Peter.

INDOPOLITIKA.COM – Pemerintahan China cukup transparan tentang penanganan virus korona daripada krisis sebelumnya. Namun hingga saat ini, Beijing belum meminta bantuan AS untuk mengatasi epidemi tersebut.

Menurut penasihat keamanan nasional Gedung Putih Robert O’Brien seperti dikutip Reuters, Pentagon sangat terbuka untuk membantu China dalam memberantas virus yang belum ditemukan vaksinya ini. “Sejauh ini Cina lebih transparan daripada krisis sebelumnya dan kami menghargai itu,” kata O’Brien dalam sebuah wawancara dengan CBS “Face the Nation.”

Berita Lainnya

“Kami belum mendengar kabar dari Cina tentang tawaran itu, tetapi kami siap untuk terus bekerja sama dengan mereka,” kata O’Brien.

“Kami memiliki keahlian luar biasa. Ini adalah masalah dunia. Kami ingin membantu rekan kerja kami, Tiongkok, jika kami bisa dan kami telah membuat penawaran terkait hal ini. Kami akan melihat apakah mereka menerima tawaran itu,” tegasnya.

Sementara masih menunggu China buka komunikasi, AS mengalihkan fokus membantu mencegah penyebaran virus tersebutm , Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan pada hari Minggu saat berkunjung ke sana.

“Anda memiliki perbatasan panjang dengan China yang merupakan tempat penyakit ini berasal,” kata Menteri Luar Negara AS, Mike Pompeo dalam sebuah wawancara dengan seorang wartawan Kazakhstan.

Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan pada hari Minggu bahwa coronavirus telah menewaskan 304 orang di China dan infeksi melonjak menjadi 14.380 pada hari Sabtu.

Setidaknya 171 kasus telah dilaporkan di lebih dari 25 negara dan wilayah lain, termasuk Amerika Serikat, Jepang, Thailand, Hong Kong dan Inggris.[asa]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *