Suhu Panas di Jakarta, Warga Rawan Kena Head Stroke

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM -Suhu panas yang terjadi di Jakarta dalam beberapa hari ini ternyata dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengingatkan bahwa suhu panas yang melebihi batas wajar bisa memicu heat stroke.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti mengatakan, jika suhu panas yang terjadi telah melebihi batas wajar, maka masyarakat dapat terkena penyakit heat stroke. Dimana heat stroke adalah kondisi tubuh yang terlalu panas akibat aktivitas fisik pada saat adanya peningkatan suhu serta berada di tempat yang bertemparatur tinggi.

Baca Juga:

“Panas yang terlalu tinggi dapat memicu heat stroke,” kata Widyastuti saat dikonfirmasi, Sabtu (26/10/2019).

Heat stroke merupakan kegagalan tubuh untuk melakukan pendinginan baik dengan cara berkeringat atau penguapan dari kulit akibatĀ cuaca panasĀ sekitar.

Bahkan, menurut akademisi sekaligus praktisi Prof Ari Fahrial Syam heat stroke ini merupakan suatu gangguan kesehatan yang bisa berakibat kematian.

Enam langkah yang diimbau oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta dalam menjaga kondisi tubuh saat suhu cuaca di atas normal. Pertama, menghindari berada di luar ruangan antara pukul 10.00 WIB hingga jam 16.00 WIB.

Kedua, minum air putih dalam dua hingga tiga jam sekali dengan jumlah total dua liter perhari serta jangan menunggu haus. Ketiga, mengonsumsi buah-buahan yang segar dan banyak mengandung air.

Keempat, menggunakan masker dan payung saat ke luar ruangan. Kelima, menggunakan krem pelembab kulit dan penangkal sinar matahari saat ke luar ruangan. Keenam, adalah menjaga kondisi tubuh dengan cukup istirahat dan tidur.

Sebelumnya BMKG menyatakan bahwa saat ini Indonesia dilanda suhu panas, dan bukan gelombang panas. “Suhu panas yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan fenomena akibat dari adanya Gerak semu matahari,” katanya.

Feonema ini merupakan suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun, sehingga potensi suhu udara panas seperti ini juga dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *