Sukmawati : Mau Dilaporin ke Polisi Ya Monggo, Saya Tidak Membandingkan

  • Whatsapp
Sukmawati Soekarno Putri Dilaporkan Ke Polisi Atas Tuduhan bandingkan Nabi Muhammad dengan Presiden Pertama Ir Soekarno

INDOPOLITIKA.COM- Sukmawati Soekarno Putri mempertanyakan dirinya dilaporkan ke pihak kepolisian oleh Koordinator Bela Islam (Korlabi) atas tuduhan membandingkan Nabi Muhammad SAW dengan Presiden Pertama Indonesia Ir Soekarno.

Kata dia, laporan itu tidak memiliki dasar yang kuat karena hanya melihat penggalan dari video yang sudah melalui proses editing.  Meski demikian, dirinya mempersilahkan Korlabi melaporkannya ke polisi.

Berita Lainnya

“Ya boleh aja, mau lapor silakan,” ujar Sukmawati

Ia menegaskan dirinya tidak membandingkan Nabi Muhammad dengan bapaknya Ir Soekarno. Ia hanya ingin membangkitkan semangat para pemuda dengan mengingat kembali perjuangan bapak Proklamator Ir Soekaro pada abad ke- 20 untuk melawan penjajahan Belanda di tanah air.

“Saya tidak membandingkan, dan tidak ada kata jasa,” ucap Sukmawati.

Harusnya kata dia, Korlabi mendengarkan sebuah video itu secara keseluruhan tidak dipenggal-penggal. Sehingga mengaburkan arti dan maksud dari isi ceramah yang disampaikan olehnya.

Padahal dalam ceramah itu, ada pertanyaan sebelumnya dari peserta diskusi mengenai Al-quran dan Pancasila. Lalu, Ia menjawabnya dengan mencontohkan perjuangan Ir Soekarno pada masa penjajahan.

“Ada pertanyaan mereka adalah mana lebih bagus antara Alquran atau Pancasila. Saya hanya menceritakan kembali bahwa saya dapat informasi itu,” ucap Sukmawati.

Setelah itu, Sukmawati juga bertanya sejarah perjuangan, mengingat forum tersebut memang digelar masih dalam rangka Hari Pahlawan. Maka, ia ingin mengetahui batas kemampuan anak muda terkait dengan sejarah bangsanya sendiri.

“Saya hanya bertanya, siapa yang berjuang untuk kemerdekaan. Nabi yang mulia Muhammad atau Sukarno. Titik. Tapi diberitakannya, siapa lebih berjasa,” kata Sukmawati.

Ia lantas berkata, “Saya cuma pengin tahu, anak muda,” tegas Sukmawati.

Sebelum ada pertanyaan tentang perbandingan Al-quran dan Pancasila dari peserta, Sukmawati disana berbicara tentang informasi yang dia ketahui terkait dengan proses perekrutan kelompok teroris. Namun sayangnya, pertanyaan tersebut dijawab oleh Sukmawati dengan jawaban yang menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

Diketahui,  isi ceramah Sukmawati dalam sebuah potongan video menjadi viral. Dalam video tersebut, Sukmawati berkata, “Mana lebih bagus Pancasila atau Alquran? Sekarang saya mau tanya nih semua. Yang berjuang di Abad 20, itu nabi yang mulia Muhammad apa Insinyur Soekarno untuk kemerdekaan?”

Sukmawati berbicara seperti itu dalam  forum FGD  yang diadakan oleh Humas Polri dengan tema Bangkitkan Nasionalisme Bersama Kita Tangkal Radikalisme dan Berantas Terorisme’ pada Senin 11 November 2019 lalu.

Akibat dari penggalan video tersebut membuat putri presiden pertama Indonesia itu pun dilaporkan ke aparat kepolisian oleh Korlabi dengan tuduhan membandingkan Nabi Muhammad SAW dengan Ir Soekarno.

Kepolisian pun menerima laporan bernomor LP/7393/XI/2019/PMJ/Dit.Reskrimum pada 15 November 2019 dengan pelapor Ratih Puspa Nusanti. Pasal yang dilaporkan yakni tentang tindak pidana penistaan agama Pasal 156a KUHP.[pit]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *