Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon Wafat, Sesuai Adat Begini Prosesi Pemakamannya

  • Whatsapp
Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat,

INDOPOLITIKA.COM – Kabar duka datang Keraton Kasepuhan Cirebon, Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat, Keraton Kasepuhan Cirebon meningal dunia, Rabu pagi (22/7/2020).

Dari informasi yang didapat dari pesan singkat dari PR Luqman Zulkaedin, Sultan Sepuh menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 05.20 WIB. Kondisi kesehatan Sultan Arief sempat menurun hingga menjalani perawatan di ruang ICCU Rumah Sakit Santosa Bandung sejak Senin (20/7/2020).

Bacaan Lainnya

Rencananya jenazah almarhum akan dimakamkan pada hari ini, Rabu (22/7/2020) di Pemakaman Astana Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Ratu Alexsandra adik almarhum Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat mengatakan, prosesi pemakaman Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat akan dilakukan sesuai adat keraton. (Baca: Sultan Kasepuhan Cirebon Arief Natadiningrat Wafat Karena Kanker Usus)

“Prosesi Agung dimulai dengan penghormatan terakhir di Bangsal Panembahan dan dilanjutkan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Gunung Sembung . Sebelumnya jenazah dibawa ke Dalem Arum dan disemayamkan di Bangsal Panembahan sebagai bentuk penghormatan bagi keluarga, para pejabat dan lainnya. Kemudian disalatkan dan pelepasan jenazah dilakukan oleh Putra Mahkota PRA Luqman Zulkaedin, “ kata Ratu Alexsandra.

Ratu Alexsandra menambahkan, pemakaman akan dilakukan secara adat dengan berjalan kaki dengan menggunakan keranda khusus yang dimulai dari keraton.

“Jenazah dibawa keluar menuju alun-alun lalu menuju Jalan Lemahwungkuk, Kanoman, Karanggetas, Siliwangi dan menuju Kompleks Pemakaman Gunung Sembung,” timpalnya.

“Gusti Sultan Sepuh PRA Arief Natadiningrat akan dimakamkan bersebelahan dengan Sultan Sepuh XIII, Sultan Maulana Pakuningrat yang merupakan ayahanda Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat,” pungkasnya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *