Sumatera Paling Rawan Bencana, BNPB Bakal Fokus Berikan Antisipasi Bencana

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo mengatakan Pulau Sumatra sudah memasuki musim hujan yang masif. Menurutnya Pulau Sumatera paling rawan bencana, oleh sebab itu pihaknya akan fokus memberikan antisipasi kebencaan di Pulau tersebut.

“Musim penghujan ini kalau kita lihat dari BMKG arahnya di Pulau Sumatra. Dari Sumatra dulu, Aceh duluan banjir, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau. Sekarang Jambi sama Sumatra Selatan baru pancaroba,” ujar Agus di Jakarta, Rabu (11/12/2019).

BACA JUGA:

Lebih lanjut, Agus menyebut Pulau Jawa juga belakangan ini disiram hujan, Pulau Jawa kata Agus, tak luput dari pantauan BNPB. Pasalnya, wilayah Jawa paling padat dan minim resapan air dan mudah terkena risi

“Kemudian di Jawa hampir seluruhnya bahaya banjir dan puting beliung. Karena banyak yang sudah rusak lingkungannya. Tapi, Jawa belum semuanya hujan, masih ada juga beberapa daerah yang belum hujan,” kata Agus.

Selain itu, Agus meminta pemerintah daerah agar memantau seluruh informasi yang dikabarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Sementara untuk risiko banjir, pihaknya mengimbau agar pemerintah daerah mengajak masyarakat untuk mengecek risiko banjir melalui inaRISK, sebuah portal hasil kajian risiko bencana.

“Kemudian minta ada partisipasi masyarakat untuk membersihkan saluran sungai, got-got, membuat saluran atau biopori,” jelas Agus.

Adapun untuk risiko tanah longsor, Agus mengatakan, hal itu bisa diantisipasi dengan membuat drainase siphon di lereng curam, menghindari daerah yang alami retakan tanah, penandaan daerah rawan longsor, hingga aktif memantau informasi prakiraan cuaca.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *