Internasional

Sumbangan Warga Inggris untuk Sulteng Capai Rp156 M

Pemerintah Inggris melalui UKAID menyalurkan bantuan ke Sulteng, 6 Oktober 2018. (Foto: UKAID)

Palu: Inggris merupakan satu dari banyak negara sahabat yang terus menyalurkan bantuan kepada para korban gempa di Sulawesi Tengah. London menyalurkan bantuan berupa uang, barang dan juga jasa.

“Selain bantuan kemanusiaan senilai Rp60 miliar dari pemerintah saya, warga Inggris juga sangat tergerak dan ingin membantu,” ucap Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik di akun Twitter, Minggu 7 Oktober 2018.

“Sumbangan yang dikumpulkan di Inggris sudah mencapai Rp156 miliar dan terus bertambah,” lanjut dia.

Donasi dari masyarakat Inggris dikumpulkan Komite Darurat Bencana (DEC). Tidak hanya warga, Ratu Inggris Elizabeth II juga menggunakan uang pribadi untuk membantu Sulteng, dan menyalurkannya ke DEC.

Istana Buckingham mengonfirmasi Ratu Elizabeth II telah menggelontorkan dana dari kocek pribadi, walau jumlahnya tidak disebutkan.

“Semua sumbangan ini akan disalurkan ke LSM-LSM yang efektif di lapangan untuk proses rehabilitasi,” sebut Dubes Moazzam, yang juga sempat ikut terjun ke lapangan untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Palu, Sigi, Donggala dan wilayah sekitarnya di Sulteng.

Data terbaru Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat jumlah korban jiwa akibat gempa dan tsunami di Sulteng mencapai 1.763 orang, dengan 2.632 lainnya mengalami luka-luka. Terdapat pula 152 orang yang diduga masih tertimbun reruntuhan bangunan.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close