Suplai Bom Ikan, 19 Orang Dicokok Polisi

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Badan Reserse Kriminal Polri menangkap 19 orang penyuplai detonator bom ikan. Total lebih dari delapan ribu detonator bom penangkapan ikan didapati sepanjang 2019.

Delapan ribu detonator bom ikan itu disita dari penangkapan di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Pemanfaatannya mengancam keberlangsungan ekosistem laut. Adapun bom ikan tersebut berasal dari sejumlah negara, salah satunya China.

Bacaan Lainnya

“Ini adalah transnational crime karena bahan-bahan peledak itu datang dari luar negeri dan kita sudah koordinasi lintas instansi untuk menanganinya,” kata Wakil Direktur Tindak Pidana Tertentu Polri Komisaris Besar Agung Budijono, di Jakarta, Senin (18/11).

“Mereka datangkan bom ikan dari luar supaya sulit terdeksi, mereka jemput dari kapal besar menggunakan kapal-kapal kecil,” sambung Agung.

Lebih jauh Agung mengatakan, ada sejumlah sindikat penyuplai bom ikan di Indonesia antara lain di Nunukan, Makassar, Sulawesi Tenggara dan Jawa Timur. Pelaku kemudian menyalurkan bahan peledak itu kepada para nelayan untuk menangkapi ikan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *