Survei ARCI: 49,7 Persen Responden Ingin Khofifah Pimpin Jatim 2 Periode

INDOPOLITIKA.COM – Lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas calon gubernur Jawa Timur di Pilkada 2024.

Hasilnya, sebanyak 49,7 persen warga Jatim ingin Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memimpin selama 2 periode.

Bacaan Lainnya

”Dari hasil itu, nama M. Fawait, politikus Partai Gerindra dijagokan menjadi wakilnya. Jika berpasangan dengan Bu Khofifah, sebanyak 49,7 persen responden memilihnya,” tutur Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) Baihaki Sirajt, Jumat (13/5/2022).

”Banyak responden yang ingin Khofifah memimpin Jatim kembali alias dua periode. Berpasangan dengan siapapun calon wakil gubernurnya, elektabilitas Khofifah tetap tertinggi,” sambungnya.

Suara Khofifah unggul telak dari dua pasangan lain.

”Ada tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang disimulasikan. Yakni, pasangan Khofifah Indar Parawansa-M. Fawait memperoleh 49,7 persen, Emil Elestianto Dardak-Abu Bakar 15,3 persen, dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno 13,9 persen,” papar Baihaki Sirajt.

Untuk pasangan lain dengan persentase 4,5 persen, serta untuk yang tidak menjawab atau tidak tahu sebesar 16,6 persen. Nama M. Fawait populer di masyarakat Jatim, menurut Baihaki Sirajt, anggota DPRD Jatim itu diklaim berkomitmen terhadap pemberdayaan ekonomi umat.

”Anggota DPRD Jatim ini dinilai berhasil membangun komunikasi antara legislatif dan eksekutif. Komunikasi dalam hal ini berkaitan dengan upaya penguatan UMKM. Anggota Komisi C ini juga mendorong BUMD milik Pemprov Jatim untuk aktif melakukan CSR bagi pengembangan usaha mikro. Koresponden menyebut jika Gus Fawait layak jika menjadi calon wakil gubernur berpasangan dengan Khofifah,” tutur Baihaki Sirajt.

Fawait merupakan ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim. Sedangkan di tingkat partai, dia menjabat sebagai bendahara DPD Partai Gerindra Jatim.

ARCI melakukan survei mulai 11 hingga 25 April di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Jumlah responden proporsional yakni 1.200 responden dengan margin of error sebesar kurang lebih 3 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.[fed]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.