Survei ARCI: Khofifah Masih Jadi Unggulan Jadi Cagub Jatim 2024

INDOPOLITIKA.COM – Gubernur Jawa Timur saat ini Khofifah Indar Parawansa masih menjadi unggulan untuk menjadi Calon Gubernur (Cagub) di Pilkada Gubernur (Pilgub) Jatim 2024 mendatang.

Hal itu terungkap dari hasil survei yang dilakukan Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI). Direktur ARCI Baihaki Sirajt mengatakan faktor petahana menjadi faktor penting Khofifah meraih elektabilitas tertinggi sebagai Cagub Jatim.

Bacaan Lainnya

“Faktor petahana, tentu saja nama Khofifah Indar Parawansa tertinggi saat ini dengan elektabilitas 31,5 persen. Apalagi, kepuasan publik yang tinggi,” kata Baihaki saat paparan survei di Surabaya, Rabu (16/2/2022).

Baihaki mengungkapkan, selain Khofifah, ada sejumlah nama yang patut mendapat perhatian karena elektabilitasnya mengalami kenaikan.

Salah satunya Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad. Meskipun saat ini elektabilitas Anwar Sadad sebagai Cagub Jatim 2024 masih 3,1 persen.

Baihai menilai, setahun memimpin Gerindra Jatim, Anwar Sadad banyak melakukan gerakan. Dengan statusnya yang merupakan representasi NU, banyak ceruk suara Nahdliyin yang melirik Anwar Sadad sebagai Cagub Jatim 2024.

“Apalagi kita tahu, Anwar Sadad sering sekali mengadakan acara bersama mahasiswa, datang ke ponpes-ponpes. Ini cukup berpengaruh terhadap elektabilitasnya, khususnya meraih suara milenial,” ujarnya.

Baihaki menyebut, peluang Sadad untuk bertarung di Pilgub Jatim 2024 terbuka lebar. Mengingat masih ada waktu dua tahun lebih, untuk Sadad meningkatkan elektabilitasnya.

“Sebagai pendatang baru, saat Oktober 2021 lalu, elektabilitas Anwar Sadad masih 1 persen, sekarang sudah 3,1 persen. Tentu saja, asal bisa mengolah komunikasi politik bagus, masih ada kesempatan,” paparnya.

Selain itu, Baihaki juga melakukan simulasi, seandainya Khofifah tidak maju Pilgub Jatim. Hasilnya, Saifullah Yusuf, Tri Rismaharini, dan Emil Dardak yang justru akan bersaing ketat di Jatim.

“Kalau seandainya Khofifah ini running ke pusat, Pilgub Jatim seru dan elektabilitas calon ini berdempetan antara Gus Ipul, Risma, dan Emil. Namun semua tergantung hasil Pileg 2024, karena kursi parpol di Pileg 2024 sebagai acuan Pilgub nanti,” pungkasnya.

Survei ARCI dilakukan pada 15-27 Januari 2022 di 38 kabupaten/kota di Jatim dengan jumlah responden proporsional.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.200 orang. Margin of error sebesar 3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut hasil survei ARCI terkait elektabilitas Cagub di Jatim:

1. Khofifah Indar Parawansa 31,5 persen
2. Emil Elestianto Dardak 8,2 persen
3. Tri Rismaharini 7,1 persen
4. Saifullah Yusuf 6,5 persen
5. Abdul Halim Iskandar 4,7 persen
6. La Nyalla 3,5 persen
7. Anwar Sadad 3,1 persen
8. Thoriqul Haq 2,9 persen
9. Azwar Anas 2,2 persen
10. Bambang DH 1,7 persen
11. M Fawaid 1,41 persen
12. Sarmuji 1,1 persen
13. Puti Guntur 0,7 persen
14. Kusnadi 0,6 persen
15. Anik Maslachah 0,5 persen
– Lainnya 7,77 persen
– Tidak tahu 15,2 persen.[fed]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.