Survei ASI: Inilah Ketum Partai, Kepala Daerah dan Menteri Paling Berpotensi Maju di Pilpres 2024

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Seperti diberitakan sebelumnya, Arus Survei Indonesia (ASI) pada Selasa 8 Juni 2021 merilis survei mengenai elektabilitas kandidat Capres 2024. Hasilnya, nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih menjadi yang teratas sebagai kandidat Capres 2024.

Selain merilis survei kandidat Capres secara umum, ASI juga menunjukkan elektabilitas kandidat Capres-Cawapres 2024 didasarkan pada klaster, tiga diantaranya adalah klaster pimpinan partai politik, kepala daerah dan dari kalangan menteri.

Berita Lainnya

Klaster Pimpinan Partai Politik

Berdasarkan survei ASI, dari sembilan ketua umum (ketum) partai yang ditanyakan ke responden, nama Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih menjadi pilihan teratas responden dengan 14,0 persen. Elektabilitasnya ditempel ketat oleh Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (13,2 persen) dan Ketum PKB A. Muhaimin Iskandar (10,2 persen).

Sementara Ketum Golkar Airlangga Hartarto hanya berada di peringkat empat dengan (9,2 persen). Disusul oleh Ketum PDIP Puan Maharan (8,0 persen), Ketum NasDem Surya Paloh (7,7 persen), Ketum PKS Ahmad Syaikhu (6,7 persen), dan paling buncit ditempati oleh Ketum PPP Suharso Monoarfa dan Ketum PAN Zulkifli Hasan yang sama-sama memperoleh (3,5 persen). Sedangkan sebanyak 24,0 persen masih belum menentukan pilihan.

Klaster Kepala Daerah

Pada klaster ini, dari sebelas kepala daerah yang ditanyakan ke responden, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berlari seperti pacuan kuda dengan meninggalkan jauh kepala-kepala daerah lainnya untuk maju pada Pilpres 2024. Elektabilitas Ganjar, politisi PDIP yang belakangan diisukan ‘perang dingin’ dengan Puan Maharani ini berada di posisi pertama dengan presentase mencapai 21,4 persen dan Anies di posisi kedua dengan 19,9 persen.

Sementara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berada di posisi tiga hanya mendapat 10,4 persen. Elektabilitasnya hampir sama dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan 10,2 persen. Melengkapi lima besar ada nama Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dengan 7,9 persen.

Kemudian di posisi 6-11 secara berturut-turut ditempati oleh Murad Ismail (3,0 persen), Zulkifliemansyah (2,5 persen), I Wayan Koster (2,5 persen), Isran Noor (2,3 persen), Wahidin Halim (1,3 persen), dan Sutarmidji (1,0 persen). Sisanya atau sekitar 17,6 persen tidak menjawab/tidak tau.

Klaster Menteri

Menurut survei ini, dari sepuluh menteri yang bisa dipilih oleh responden, nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno meraih elektabilitas tertinggi dengan 13,5 persen. Disusul rekan menteri yang berlatar belakang pengusaha lainnya, yakni Menteri BUMN Erick Thohir dengan 11,9 persen. Melengkapi empat besar ditempati oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nadiem Makarim (10,9 persen) dan Menteri Sosial Tri Rismaharini (10,3 persen).

Dari posisi 5-10 diisi oleh Mahfud MD (9,2 persen), Sri Mulyani (6,8 persen), Syahrul Yasin Limpo (6,0 persen), Yaqut Cholil Qoumas (4,7 persen), A. Halim Iskandar (4,7 persen), dan Johnny G Plate (3,4 persen). Sedangkan sebanyak 18,6 persen belum menntukan jawabannya.

Seperti dijelaskan sebelumnya, survei ini dilakukan secara nasional di 34 Provinsi dalam rentang waktu 1-7 Mei 2021. Metode yang digunakan adalah Multistage Random Sampling dengan mewawancarai 1000 responden melalui kontak telepon. Nomor responden diambil dari database survei tatap muka dalam rentang tiga tahun terakhir, yakni sejak 2018 hingga 2020. Margin of error survwi ini +/- 3.10 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. [fed]

 

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *