CapresSurvei

Survei INSTRAT: Jokowi Capres Paling Merakyat

Lembaga Survei Riset Indonesia Strategic Institute dalam survei menyatakan Joko Widodo menjadi sosok calon presiden RI yang paling merakyat dibandingkan calon lain seperti Prabowo Subianto atau Aburizal Bakrie.

“Pak Jokowi adalah sosok capres yang dinilai paling merakyat, dia unggul jauh dari daftar nama lainnya.” kata Direktur Instrat Ridwansyah Yusuf Achmad, Sabtu (26/4). “Sementara untuk jujur atau dapat dipercaya ada empat nama yakni, Ahmad Heryawan, Mahfud MD, Anis Matta serta Hatta Rajasa.”

Dia mengatakan, dalam survei yang melibatkan 1543 responden pada pekan pertama dan kedua Februari 2014 lalu pihaknya telah menemukan jika responden menilai karakter merakyat dan jujur atau dapat dipercaya adalah hal yang terpenting dalam sosok capres RI.

“Jadi dua karakater ini penting yang perlu melekat pada sosok calon presiden Indonesia. Sementara bersih dan tegas menempati urutan tiga dan empat serta responden tidak melihat faktor pengalaman/berprestasi dan cerdas,” kata dia.

Menurut dia, untuk karakter atau sosok capres yang bersih diraih Mahfud MD dan Megawati Soekarnoputri dan untuk karakter/sosok capres yang tegas ditempati Prabowo Subianto.

“Sedangkan untuk karakter atau sosok capres cerdas dan berprestasi ditempati oleh Anis Matta dan Megawati Soekarnoputri sebagai peringkat pertama,” kata dia.

Sementara terkait rasio popularitas dan elektabilitas capres, diketahui bahwa Joko Widodo menempati urutan tertinggi dengan 69 persen, Prabowo 49 persen, sedangkan Aburizal Bakrie 29 persen.

“Dan hal ini selaras dengan tingkat elektabilitas sebagai calon presiden, dimana Jokowi menempati urutan teratas dengan tingkat elektabilitas 38,63 persen, lalu untuk Prabowo 19,57 persen dan untuk ARB 11,21 persen,” kata dia.

Lebih lanjut dirinya mengatakan dalam survei tersebut juga ditanyakan tentang kelayakan tokoh mana yang cocok menjadi Presiden dan Wakil Presiden.

“Kemudian responden menilai Prabowo dan Jokowi berada dalam daftar teratas untuk sosok yang dinilau layak sebagai presiden. Sementara Dahlan Iskan, Anis Matta, Ahmad Heryawan, Hatta Rajasa dan Mahfud MD berada pada lima besar dalam penilaian sebagai wakil presiden yang paling layak.” (ant/in/pol)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close