Survei Litbang Kompas: PDIP Kokoh di Puncak, PAN-PPP Tak Lolos ke Parlemen

INDOPOLITIKA.COM – Litbang Kompas merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas partai politik menjelang Pemilu 2024. Hasilnya, PDIP lagi-lagi masih kokoh di puncak dengan elektabilitas 22,6 persen.

Partai Gerindra menyusul di posisi kedua dengan suara 12,5 persen. Kemudian Partai Demokrat mendapat suara 11,6 persen dan Partai Golkar melengkapi empat besar dengan suara 10,3 persen.

Sementara itu, di papan tengah ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang masing-masing mendapat 5,4 persen, diikuti Partai NasDem dengan 4,1 persen.

Lalu, elektabilitas dua partai parlemen lainnya, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berada di bawah ambang batas parlemen sebesar 4 persen, yakni PAN (3,6 persen) dan PPP (2 persen).

Adapun elektabilitas partai-partai non-parlemen pada survei ini juga belum menembus ambang batas parlemen.

Tercatat, elektabilitas Partai Perindo sebesar 3,3 persen, diikuti Partai Hanura (1 persen), PSI (0,7 persen), PBB (0,4 persen), Partai Garuda (0,2 persen), dan Partai Berkarya (0,1 persen).

Sebanyak 0,6 persen responden mengaku memilih partai lainnya dan 16 persen responden tidak menjawab saat ditanya partai apa yang mereka pilih.

Survei ini dilakukan pada 26 Mei-4 Juni 2022 dengan melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi.

Tingkat kepercayaan metode ini 95 persen dengan margin of error +-2,8 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. Kesalahan di luar pemilihan sampel dimungkinkan terjadi.[fed]


Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.