Survei Pilkada Bengkulu: Agusrin Najamuddin Paling Populer, Dibayangi Rohidin Mersyah

  • Whatsapp
desainer: Dinda indopolitika

INDOPOLITIKA- Lembaga Survei Pilitik Indonesia (LSPI) menggelar survey perilaku pemilih menjelang Pilkada 2020 di Provinsi Bengkulu. Salah satu temuannya. Agusrin M Najamuddin tokoh paling populer dibayang-bayangi oleh Rohidin Mersyah.

Survei ini dilakukan pada Juli 2019 kepada warga Bengkulu di atas 17 tahun. Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 600 responden, dengan margin of error sebesar 4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Muat Lebih

Dalam survei ini setidaknya ada 38 nama yang muncul dan beredar di media, terpampang di artibut luar ruang dan muncul dalam perbincangan publik.

Menurut peneliti LSPI Dimas Choirul, dari aspek popularitas dari 38 nama yang diuji, nama Agusrin M Najamuddin ternyata paling populer ketimbang 37 nama lainnya. “

“Pengenalan Agusrin ini mencapai 87 persen dengan tingkat kesukaan mencapai 62,9 persen,” ungkap Dimas kepada indopolitika.com, baru-baru ini.

Dimas mengatakan, dari 37 nama itu, ada 5 tokoh lainnya yang tingkat popularitasnya di atas 50 persen. Mereka adalah Rohidin Mersyah popularitas 72,2 persen, kesukaan 74,40 persen. Ridwan Mukti popularias 67,90 persen, tingkat kesukaan 42,0 persen. Ahmad Kanedi popularitas 67,50 persen, tingkat kesukaan 69 persen. Helmi Hasan popularitas 66,8 persen, kesukaan 68,90 persen. Junaidi Hamsyah popularitas 59.70 persen, kesukaan 73,0 persen.

Elektabilitas Dibawah 20 Persen

Namun dari sisi elektabilitas berdasarkan pola top of mind  atau pertanyaan secara terbuka, jumlah dukungan terhadap para calon terpilih masih di bawah 20 persen.

Rohidin Marsyah paling banyak dipilih. Elektabilitas spontan Rohidin mencapai 16,3 persen. Setelah Rohidin ada 4 nama tokoh yang menempel ketat ekeltabilitasnya. Empat teratas mengisi top of mind adalah Agusrin Najamuddin 12,1 persen, Ahamd Kanedi 3,8 persen, Helmi Hasan 3,5 persen, Rosjonsyah Syahili 30,0 persen.

“Tapi ingat ada pemilih yang belum menentukan pilihannya sebanyak 48,2 persen. Jumlah swing votersnya cukup tinggi,” ungkapnya.

Demikian pula dari aspek tingkat elektabilitas dengan pola pertanyaan tertutup, Rohidin Mersyah masih menempati posisi tetara dengan angka 19,8 persen. Sisanya disusul oleh Agusrin M Najamuddin 15,6 persen, Ahmad Kanedi 4,7 persen, Hemi Hasan 4,1 persen dan Rosjonsyah Syahili 3,2 persen.

PKB Masih Mencari Formula
Menyikapi persiapan Pilkada 2020, Wakil Ketua Umum Pemenangan Pemilu PKB hasil Mukhtamar Bali 2019 Jazilul Fawaid menyebut partainya masih mencari formulasi terbaik di setiap daerah.

“Masih banyak persiapan yang harus dilakukan dalam menghadapi pemilukada 2020 terutama berkaitan dengan peta politik dan figuritas kandidat yang nanti akan diusung,” jelasnya saat dihubungi indopolitika.com,  Kamis (29/8/2019).

Merujuk pada hasil pemilu legislatif 2019 untuk DPRD Provinsi Bengkulu, dari 45 anggota legislatif yang terpilih. Kursi terbanyak didapat PDIP (7 kursi), Golkar (7 Kursi), Gerindra (6 kursi), Nasdem (5 kursi), Demokrat (5 kursi), PKB (4 kursi), Hanura (3 Kursi), dan PPP, PAN, PKS, Perindo masing-masing 2 kursi.

Untuk Pilkada Bengkulu, Jazilul Fawaid mengatakan, PKB masih dalam proses menentukan kebijakan, belum ada sikap resmi dan langkah resmi partai.

“Masih melihat peluang figur yang namanya sudah muncul, namun sejauh ini semuanya masih dalam tahap proses,” tutupnya. (rma)

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *