PilkadaSurvei

Survei Pilkada Purwakarta, Padil Karsoma Potensial Menyalip Istri Dedi Mulyadi

Anne – Aming mendapat elektabilitas sebesar 27,22 persen. Padil Karsoma – Acep Maman sebesar 19,96 persen dan Zainal Arifin – Luthfi Bamala 6,44 persen

Purwakarta — Lembaga Studi Pemilu dan Politik (LSPP) melakukan riset opini publik di Kabupaten Purwakarta. Wawancara lapangan dengan metode tatap muka dilakukan para peneliti LSPP dari tanggal 17 sampai 21 Februari 2018. Responden yang diwawancara sebanyak 500 orang. Pendekatan yang digunakan adalah multistage random sampling dengan margin error sebesar 4 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Pilkada Kabupaten Purwakarta terbilang unik. Uniknya, karena pasangan suami istri yakni mantan Bupati Dedi Mulyadi dan Anne Ratna Mustika sama-sama maju di pilkada. Suami maju di pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar}, sementara istrinya maju di Pilkada Kabupaten Purwakarta.

Saking unik dan menjadi salah satu perhatian secara nasional, Direktur riset Lembaga Studi Pemilu dan Politik (LSPP) Sendy Sutikno terdorong untuk melakukan survei. Alasan survei dilakukan LSPP, ingin tahu seberapa kuat pengaruh mantan Bupati Purwakarta terhadap kemenangan istrinya yang ikut pilkada.

Dalam rilisnya, Minggu (25/2/2018), Sendy menjelaskan temuan survei yang paling penting adalah masih tingginya pemilih yang belum memutuskan atau undecided voters. Angkanya mencapai 46,38 persen. Ini menunjukan kampanye masing-masing paslon belum begitu berdampak terhadap preferensi pemilih. Saat yang sama, temuan ini juga sekaligus jawaban bahwa pengaruh suami yang memimpin daerah sejak menjadi wakil hingga bupati tidak terkalu signifikan.

“Ini artinya jika Anne mau menang, tidak bisa hanya mengandalkan pengaruh suaminya. Temuan ini bisa jadi tamparan halus bagi kubu petahana, dalam hal ini istri bupati, bahwa pemilih di Purwakarta tidak serta merta setuju kepemimpinan suami dilanjutkan istri,” ujarnya.

Temuan lain yang menarik adalah tipisnya selisih elektabilitas Anne – Aming dengan Padil Karsoma – Acep Maman yakni sekecil 7,26 persen. Itu artinya masih dalam arsir margin error survei, sebesar plus minus 4 persen. Jika kampanye para paslon khususnya Padil – Acep berhasil meyakinkan pemilih, bukan tidak mungkin dalam beberapa bulan ke depan mereka bisa menyalip.

“Anne – Aming mendapat elektabilitas sebesar 27,22 persen. Padil Karsoma – Acep Maman sebesar 19,96 persen dan Zainal Arifin – Luthfi Bamala 6,44 persen,” jelasnya. (ind)

Tags

Artikel Terkait

Close
Close