Survei Populi Center: Elektabilitas PDIP Turun, Demokrat Kangkangi Golkar

INDOPOLITIKA.COM – Lembaga Populi Center merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas partai politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hasilnya, PDIP masih menempati posisi teratas dengan 20,5 persen. Meski masih di posisi atas, peneliti Populi Center Nurul Fatin menjelaskan elektabilitas PDIP ini mengalami penurunan sekitar 2 persen ketimbang bulan November lalu yang mana memperoleh 22,3 persen.

Bacaan Lainnya

“Data menunjukkan terdapat 6 partai yang mendapat presentase di atas 4 persen, yaitu yang pertama ada PDIP 20,5 persen, Gerindra 13,1 persen, Demokrat 9,6 persen, Golkar 8,3 persen, PKB 8,2 persen, PKS 7 persen,” kata Fatin dalam konferensi pers secara daring, Senin (20/12/2021).

Fatin mengungkap selain PDIP, enam partai lainnya mendapat tambahan elektabilitas, termasuk Partai Gerindra dan Partai Demokrat.

Gerindra mendapat tambahan elektabilitas sebanyak 1,3 persen dalam sebulan terakhir. Sementara itu, tingkat keterpilihan Partai Demokrat naik 2,1 persen. Partai berlogo mercy itu menyalip Golkar yang sebelumnya duduk di posisi ketiga.

Elektabilitas Partai Golkar naik 0,6 persen sejak November. PKB mendapat kenaikan elektabilitas 0,8 persen, sedangkan PKS naik 0,2 persen.

Populi Center juga memprediksi dua partai besar, yaitu PAN dan NasDem tidak lolos ambang batas parlemen. NasDem hanya mendapat elektabilitas 3,9 persen dan PAN hanya di angka 1,7 persen.

“Ada beberapa partai yang memperoleh presentase di bawah 4 persen, yaitu NasDem, PBB, Hanura, Garuda. Di samping partai tersebut, ada partai yang enggak dapat presentase suara, Partai Ummat, PKPI, dan Berkarya,” tuturnya.

Populi Center melakukan survei ini pada 1-9 Desember 2021 dengan melibatkan 1.200 responden. Survei dilakukan melalui wawancara telepon.

Responden dipilih secara acak dari populasi pemilih yakni penduduk berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dari basis data populasi survei Populi Center sejak tahun 2013-2021.

Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode acak sederhana (simple random sampling) dari kerangka sampling yang dimiliki Populi Center. Adapun margin of error pada survei ini sebesar ±2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.[fed]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.