Internasional

Survei Sebut Wina Sebagai Kota yang Paling Layak Ditinggali

Wina meraih nilai tertinggi dalam survei yang dilakukan di 140 kota (Foto:AFP)

Paris: Kota Wina meraih predikat sebagai "kota yang paling layak ditinggali" dalam sebuah survei tahunan yang baru saja dirilis. Ibu kota negara Austria tersebut mengalahkan Melbourne yang sebelumnya menempati peringkat pertama selama tujuh tahun.

Ini merupakan kali pertama sebuah kota metropolis di Eropa menduduki posisi teratas dalam survey yang disusun oleh Unit Intelejen Ekonomi. Penilaian didasari berbagai faktor seperti standar hidup, kejahatan, infrastruktur transportasi, pendidikan dan perawatan kesehatan, serta stabilitas politik dan ekonomi. Survei mencakup 140 kota dari berbagai belahan dunia.

Wina mendapatkan nilai hampir sempurna yaitu 99,1, disusul Melbourne di tempat kedua dengan nilai 98,4 dan Osaka yang berada di tempat ketiga.

"Mereka mendapatkan skor terbaik sebagai kota kelas menengah di antara negara-negara kaya," sebut laporan itu seperti dikutip AFP pada Selasa 14 Agustus 2018.

Berbeda dengan anggapan kebanyakan orang, kota-kota besar seperti Paris (919), London (48) dan New York (57) tidak memiliki nilai yang tinggi karena cenderung memiliki tingkat kejahatan yang tinggi.

Disisi lain, lima kota terburuk untuk ditinggali adalah Damaskus, Dhaka, Lagos, Karachi, dan Port Moresby.

Selama lima tahun terakhir, terdapat perbaikan signifikan di Abidjan, Hanoi, Beograd dan Teheran. Sementara itu, konflik berkepanjangan berakibat tergerusnya tingkat kelayakan hidup di Kiev. (Khalisha Firsada)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close