Survei SMRC: 55 Persen Tak Setuju Pendakwah Harus Izin Pemerintah

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Mayoritas warga muslim tidak setuju jika pendakwah harus mendapat izin dari pemerintah. Secara umum, umat Islam pun merasa punya cukup kebebasan untuk kegiatan keagamaan.

Hal tersebut tertuang dalam hasil survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertema “Sikap Publik Nasional terhadap FPI dan HTI” di Jakarta, Selasa (6/4/2021).

Berita Lainnya

Berdasarkan hasil survei diketahui, ada sebanyak 55% responden tidak setuju dan sangat tidak setuju pendakwah mendapat izin pemerintah. Di sisi lain, ada sebanyak 38% responden sangat setuju dan setuju jika pendakwah harus mendapat izin pemerintah.

“Umat Islam umumnya bersikap bahwa dakwah tidak harus mendapat izin pemerintah,” kata Manajer Program SMRC, Saidiman Ahmad saat rilis survei.

Dijelaskan, saat ini juga ada opini yang berkembang bahwa pemerintah mengkriminalisasi ulama. Terkait opini ini, sebanyak 60% umat Islam tidak setuju opini tersebut. Namun, ada sebanyak 27% yang setuju.

Populasi survei dipilih secara random dengan 1.220 responden. Responden yang dapat diwawancara secara valid sebesar 1.064 atau 87% dengan margin of error rata-rata sebesar ± 3,07%, pada tingkat kepercayaan 95%. Waktu wawancara lapangan dilakukan pada 28 Februari-8 Maret 2021.

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *