Survei Voxpopuli: PDIP Teratas, Demokrat di Bawah PSI

INDOPOLITIKA.COM – Voxpopuli Research Center merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas partai politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Hasilnya, elektabilitas PDIP masih menempati posisi teratas dengan 16,3 persen.

Partai Gerindra menempati posisi kedua dengan 12,7 persen. Disusul PKB yang memperoleh suara 8,5 persen. Partai Golkar melengkapi posisi empat besar dengan 8,0 persen.

Bacaan Lainnya

Dimana posisi Partai Demokrat? secara mengejutkan berdasarkan survei Voxpopuli ini, elektabilitas Demokrat hanya menempati posisi tujuh dengan 5,0 persen. Elektabilitas Demokrat di bawah PKS (5,3 persen) dan PSI yang meraih 5,1 persen.

Direktur Komunikasi Voxpopuli Research Center Achmad Subadja menjelaskan merosotnya suara Partai Demokrat ini salah satunya disebabkan meredanya konflik di internal partai politik tersebut.

“Konflik internal reda, Demokrat kembali ke papan tengah dalam peringkat elektabilitas partai politik,” kata Subadja dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis (16/12/2021).

Sebagaimana diketahui, perpecahan di tubuh Partai Demokrat saat ini kian mereda seiring terus ditolaknya upaya kubu KLB Deli Serdang untuk mengambil alih kepemimpinan partai yang kini dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tersebut.

Temuan Voxpopuli Research Center menyebut dukungan publik kepada Demokrat tidak lagi sebesar pada awal konflik.

Kemudian di bawah Partai Demokrat ada Partai NasDem yang memperoleh suara 4,5 persen. Sementara, PPP hanya mampu meraih 2,2 persen elektabilitas. Sementara partai-partai lainnya hanya memperoleh suara di bawah 2 persen.

Survei Voxpopuli Research Center dilakukan pada 1 hingga 10 Desember 2021 yang menyasar 1.200 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Margin of error survei sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.[fed]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.